Jangkrik Baik Bagi Kesehatan Usus

Jakarta,Gpriority-Menurut para ahli, jangkrik selain aman untuk dikonsumsi juga dinilai baik untuk kesehatan usus.

Adalah ahli dari University of Wisconsin-Madison Nelson Institute for Environmental Studies yang menemukan fakta ini. Fakta ini ditemukan setelah melakukan penelitian yang melibatkan 20 relawan berusia 18 sampai 48 tahun selama sebulan.

Partisipan dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama diberi sarapan berupa kue muffin atau minuman shake yang sudah diberi campuran 25 gram bubuk jangkrik, sementara kelompok kedua diberi makanan normal tanpa kandungan jangkrik. Konsumsi makanan ini berlangsung selama dua minggu. Dua minggu berikutnya kedua kelompok saling bertukar konsumsi makanan. Setelah itu dilakukan wawancara dan diambil sampel darah serta tinjanya untuk diamati mengenai perubahan kesehatan.

“Studi ini penting karena serangga menjadi tren baru dan kita harus membuktikan efeknya bagi kesehatan. Seperti kita tahu mikrobiota usus berkaitan erat dengan kesehatan manusia, maka penting untuk mengetahui bagaiamana makanan memengaruhi populasi mikroba usus. Kami menemukan, jangkrik sebenarnya memberi manfaat lain di luar gizi,” ujar Tiffany Weir, profesor ilmu makanan dan gizi di Colorado State University.

Setelah dilakukan analisis, sistem mikroba usus tidak mengalami perubahan dan peradangan usus juga tetap stabil. Disamping itu, para peneliti juga menemukan adanya peningkatan enzim Bifidobacterium animalis yang terkait dengan kesehatan usus, serta penurunan protein inflamasi dalam darah yang disebut TNF-alpha.

Para peneliti juga menemukan peningkatan bakteri usus menguntungkan, terkait dengan fungsi gastrointestinal yang membaik.

Jadi bagi Anda yang ingin memiliki usus tetap sehat, santaplah jangkrik dalam setiap harinya. (Hs)

 

 

 

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Comment