Jaringan Telekomunikasi Belum Stabil Pasca Banjir, Kominfo Terus Melakukan Monitoring

Jakarta,Gpriority-Rabu pagi (1/1/2020) tepatnya pukul 03.00 WIB, Jakarta,Bogor, Depok,Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dikejutkan dengan tingginya air yang menggenangi rumah warga.

Hal ini tentu saja menyebabkan beberapa BTS seluler mengalami gangguan dikarenakan pemutusan aliran listrik oleh PLN berdasarkan faktor keamanan dan keselamatan.

Sampai hari Rabu malam secara keseluruhan masyarakat masih bisa menggunakan layanan seluler untuk berkomunikasi meskipun beberapa BTS mati karena BTS tersebut memiliki backup power dan operator mengerahkan mobile backup power atau genset portable.

 Pada hari Kamis pagi tanggal 2 Januari 2020, layanan telekomunikasi kembali terganggu karena back up power tersebut hanya bertahan beberapa jam saja dan operator seluler mengalami kendala untuk mengakses lokasi-lokasi yang BTSnya down karena masih ada banjir.

Kementerian Kominfo seperti dituturkan Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G Plate akan terus melakukan monitoring terhadap jaringan telekomunikasi dan meminta operator seluler untuk mengerahkan segala upaya untuk melakukan pemulihan terhadap BTS yang masih down dengan menggunakan genset sehingga dapat berfungsi kembali secara normal meskipun PLN masih memutuskan jaringan listrik dikarenakan kondisi masih belum aman.(hs)

Related posts