JFW 2018 Siap digelar

Jakarta,Gpriority- Tidak lama lagi Jakarta Fashion Week 2019 ke-11 yang akan berlangsung di Senayan City  digelar.

Untuk itulah panitia pada 25 September mengadakan konferensi pers terkait persiapan JFW yang akan berlangsung pada 20-26 Oktober 2018.

Menurut Direktur Jakarta Fashion Week Lenni Tedja, persiapan lebih intens saat ini sedang berlangsung, termasuk menghimpun dukungan dari berbagai pihak, baik yang telah lama mendampingi maupun dari mitra-mitra baru. Selain didukung Senayan City untuk keenam kalinya, Jakarta Fashion Week 2019 kembali didukung oleh Make Over sebagai Official Makeup Partner dan L’Oréal Professionnel sebagai Official Hairdo Partner, begitu pula produsen perhiasan terkemuka UBS Gold. Tahun ini, Jakarta Fashion Week juga menggandeng Matahari Department Store dan Blibli.com. Pekan mode terbesar di Asia Tenggara ini pun didukung oleh Wardah, Pond’s, Style Theory, dan Royal Philips.

Dari segi penyelenggaraan, Jakarta Fashion Week 2019 didukung oleh Chroma Project, RSGM YARSI, Century Park Hotel, Orang Tua Group, dan CBN Fiber. “Penyelenggaraan Jakarta Fashion Week (JFW) setiap tahunnya tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, mulai dari para pelaku kreatif, yaitu para desainer, model, penata rias, penata rambut, koreografer, kru, dan banyak pihak lain yang tidak dapat kami sebut satu per satu. Dan di balik itu semua, selalu ada mitra-mitra strategis yang turut mendampingi setiap langkah kami, yaitu para sponsor dan mitra internasional,” ungkap Lenni Tedja.

Prestasi desainer Indonesia dan dinamika pasar yang terus tumbuh juga menjadi daya tarik tersendiri bagi mitra internasional. Dari negara-negara sahabat, Jakarta Fashion Week 2019 dimeriahkan oleh partisipasi dari Australian Embassy Jakarta, British Council, Japan Fashion Week Organization, Korea Content Creative Agency (KOCCA) serta Korea Foundation for International Culture Exchange (KOFICE) dari Korea Selatan, serta Fashion Design Council of India.

Tahun ini juga menjadi debut kerja sama Jakarta Fashion Week dengan Emerging Pakistan. Menuju pekan mode Jakarta Fashion Week 2019, berbagai event telah digelar, yang juga didukung para mitra strategis Jakarta Fashion Week. “Mulai audisi model melalui JFW Model Search di empat kota disertai Fashionlink Market, juga Ramadhan Fashion Festival, serta road show untuk Lomba Perancang Aksesori dan Lomba Perancang Mode Menswear,” jelas Lenni Tedja.

“Lomba Perancang Aksesori (LPA) dan Lomba Perancang Mode Menswear (LPM Menswear) saat ini sedang dalam tahap semifinal. Tahun ini, total peserta dari kedua kompetisi mencapai 363 peserta, yang berasal dari berbagai kota di Indonesia—dari Jakarta sampai Makassar, dari Tembilahan sampai Malang. Dan masing-masing pemenang LPA dan LPM Menswear akan mendapat bea siswa singkat di Istituto Marangoni di Milan dan Florence, Italia,” kata Zornia Harisantoso, Program Director Jakarta Fashion Week.

“Kerja sama yang berlangsung sebelum JFW juga beragam—dari berbagai kegiatan edukasi, sampai platform exchange. Kerja sama ini memberikan kesempatan kepada desainer Indonesia tampil di panggung negara sahabat, kemudian negara sahabat tersebut menampilkan bakat desainernya di panggung JFW,” ujar Lenni Tedja.

Dengan aset publikasi yang terus tumbuh dari sisi dukungan media, digital, dan pengunjung, Jakarta Fashion Week seperti dijelaskan Lenni Tedja mencatat total pengunjung 50.000 kepala tahun lalu, dan tahun ini menjanjikan lebih dari 2.500 koleksi terbaru karya 180 desainer. Lebih dari 100 label tenant juga berpartisipasi di area Fashionlink Showroom & Market, program retail yang dilaksanakan berbarengan Jakarta Fashion Week pada 22-26 Oktober 2018 di The Hall, lantai 8 Senayan City. Ditambah lagi, tahun ini Jakarta Fashion Week menjadi satu rangkaian dengan ajang akbar lainnya, yaitu IdeaFest dan Brightspot, dalam ID Creative Week.

“Total area acara kami tahun ini ada empat, yaitu Fashion Tent, Fashion Atrium, FashionlinkX#Blckvnue, dan Fashionlink Showroom and Market. Tahun ini jelas lebih besar, karena dari segi kolaborasi bersama para sponsor dan mitra internasional lebih banyak yang bisa kami tampilkan,” Lenni Tedja menegaskan.

Related posts

Leave a Comment