JIB Bahas Suaka-Suaka Kearifan

Gagasan tentang ”ruang batin Indonesia” dalam buku Suaka-Suaka Kearifan (tatkala.co 2019) karya Riki Dhamparan Putra, bakal dibahas oleh sejumlah cendikiawan pada acara peluncuran dan diskusi buku tersebut, Minggu 14 Juli 2019, pukul 10-13 WIB di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jl.Merdeka Selatan 11, Jakarta Pusat.

Hadir sebagai pembicara adalah Andrinof A Chaniago (Dosen FISIP Universitas Indonesia), Titi Anggraini (direktur Perludem) dan Desvian Bandarsyah (dekan FKIP universitas Muhammadiyah Hamka Jakarta).

Menurut ketua panitia, Abdullah Sumrahadi, dalam jadwal ada rencana sambutan oleh Ketua Umum Muhammadiyah, Haedar Nasir. Diskusi ini, katanya, diselenggarakan atas kerjasama Jaringan Intelektual Berkemajuan dengan Direktorat Kesenian Direktorat Jendral Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional RI, yang bertujuan untuk meningkatkan gairah berkebudayaan masyarakat melalui produktifas dunia kepenulisan dan pemikiran.

“Dalam konteks kebudayaan yang sedang mengalami masa inkubasi seperti sekarang, gerak kebudayaan mesti diperkaya dengan dialog yang kontemplatif, agar dinamika tidak berjalan seperti sebuah pentas monolog. Untuk itu, pemikiran-pemikiran dan kesaksian-kesaksian dari para pegiat seni budaya dan para penekun sastra yang telah mereka sampaikan melalui buku-buku yang mereka terbitkan, merupakan bahan utama bagi kita untuk berkontemplasi dan berdialog. Daya orisinil dalam buku Suaka-Suaka Kearifan karya Riki Dhamparan, merupakan bahan kontemplasi dan dialog yang baik dan perlu diapresiasi oleh masyarakat luas,” katanya pula.

Untuk itu, ia mengajak masyarakat menghadiri acara tersebut sembari bertamasya ke Perpustakaan Nasional di hari libur.

Lebih jauh, deklator JIB dan pegiat sosial , David Krisna Alka ketika dimintai tanggapannya mengatakan, keistimewaan buku Suaka-Suaka Kearifan yang akan dibahas nanti ada pada sudut pandang penulisnya yang berbeda dari kebanyakan penulis.

“Esai-esai dalam buku itu sangat menarik karena melihat kebudayaan dari sisi batin. Itu pekerjaan yang sulit, tetapi Riki Dhamparan Putra mampu melakukannya,” kata David pula.#

Related posts

Leave a Comment