Jimny oh Jimny

BSD,Gpriority-Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)2018 yang berlangsung beberapa hari yang lalu, booth suzuki paling ramai dikunjungi. Mereka datang untuk melihat Suzuki Jimny generasi terbaru.

Di tahun 1980 hingga 1990-an, suzuki jimny  pernah menjadi primadona. Saat itu Jimny hadir dalam beberapa model seperti SJ410V1, SJ410Q Canvas, SJ410V2, SJ410V3, SJ410QR, SJ410V4 2WD & 2WD B/C, SJ410V 4WD dan SJ410 Cowl.

 Menurut  Ketua Umum Suzuki Jip Indonesia (SJI), Rommel Yachya,  lincah untuk on-road dan off-road menjadi alasan kenapa Jimny  sangat disukai pada masa itu.

Seakan ingin mengulang masa lalu, Suzuki membuat generasi terbarunya dan memperkenalkan di Jepang pada Juli 2018. Indonesia pada ajang GIIAS 2018 mendapat kehormatan sebagai negara pertama di luar Jepang yang kedatangan suzuki jimny.

Dua varian yang dihadirkan di Indonesia  adalah Jimny dan Jimny Sierra. Menurut Presiden Director PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Seiji Itayama, perbedaannya ada pada mesin. Jimny menggunakan mesin R06A tiga silinder intercooler turbo 658 cc. Model ini dijual ekslusif hanya untuk pasar dalam negeri Jepang, sedangkan Jimny Sierra menggunakan mesin 1.5 litre K15B yang sudah digunakan di Indonesia pada All New Ertiga. Sierra sendiri rencannya akan dijual untuk pasar luar negeri Jepang termasuk Indonesia.

Jimny terbaru masih mewarisi ketangguhan model terdahulu namun dengan penyempurnaan. Rangka model ladder frame terbaru dengan posisi mesin di depan, transmisi part time 4WD dengan low range transfer gear serta suspensi 3-link rigid axle membuat Jimny terbaru semakin tangguh.

Pengereman dengan teknologi LSD (limited slip differential) dan kontrol traksi menjadi paket wajib di semua varian. Jimny terbaru ini diproduksi di pabrik Suzuki di Kosai, Jepang untuk pertama kali dan akan didistribusikan ke mancanegara. Jimny akan hadir dalam tiga tipe yakni XC, XL dan XG sedangkan Jimny Sierra hadir dalam dua tipe yakni JC dan JL.(Hs)

 

 

Related posts

Leave a Comment