Jokowi Meminta Pemenuhan Kebutuhan Korban Banjir di Prioritaskan

Jakarta,Gpriority-“DKI Jakarta,Jawa barat dan Banten merupakan daerah yang terkena banjir. Untuk itulah Presiden Joko Widodo (Jokowi)meminta agar pemenuhan kebutuhan korban  banjir di tiga Provinsi tersebut diprioritaskan,” Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy saat meninjau langsung kondisi lokasi yang terkena banjir di kawasan Lebak, Banten pada Sabtu (4/1/2020).

Lebih lanjut dikatakan oleh Muhadjir,sesuai arahan Presiden Jokowi, yang diprioritaskan adalah bagaimana kebutuhan hidup sehari-hari yang harus terpenuhi,kesehatan dan pemukiman sementara.

Muhadjir Effendy juga meminta agar pemulihan trauma pasca-bencana untuk para korban bencana ini dilakukan tidak hanya mengandalkan pemerintah saja tetapi lembaga swadaya masyarakat (LSM) juga turut serta mendampingi para korban yang berada di pengungsian.

Sementara itu, Kepala BNPB Doni Monardo yang turut hadir mendampingi mengatakan, penyebab bencana banjir bandang di wilayah Sungai Ciberang, Kabupaten Lebak adalah dikarenakan hujan lebat di wilayah hulu Gunung Halimun Salak serta sisa aktivitas penambangan yang ditinggalkan.

“Jadi tambang-tambang yang ditinggalkan itu ambrol dan longsor membawa material bebatuan dan juga lumpur. Inilah yang menyapu sepanjang daerah Sungai Ciberang hingga menyebabkan kerugian cukup masif yaitu sekitar 1.000 unit rumah yang statusnya rusak berat dan sebagian besar hanyut terbawa arus,” kata Doni.

Pemerintah, seperti dituturkan Doni, telah menyiapkan dana tunggu hunian bagi para korban sebesar Rp 500.000 per bulan per keluarga.(Hs)

Related posts