Unik dan Menarik Hanya Ada di Juanda’s angkringan lamer Kuningan

Tidak hanya Yogyakarta, di daerah lain seperti Kuningan, Jawa Barat, Anda bisa menemukan angkringan dengan menu, rasa dan harga yang sama. 

Penulis mengatakan demikian, karena pernah mengalaminya sendiri. Beberapa minggu yang lalu, penulis mendapat tugas dari kantor untuk meliput ulang tahun Kota Kuningan, Jawa Barat. Ramainya acara yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Kuningan membuat penulis lupa makan, akibatnya malam hari seusai acara, perut terasa lapar sekali.

Dengan menaiki ojek dari alun-alun Kuningan penulis pun mencari warung makan, Setibanya di Jalan Bandorasa Kulon dekat pemandian air panas Linggar Jati, penulis menemukan angkringan. Karena kangen makan di angkringan, penulis pun memutuskan untuk singgah di Juanda’s angkringan lamer.

Memasuki angkringan, penulis sudah disambut dengan ramah oleh wanita muda yang ternyata adalah pemilik warung bernama Julaeha Juanda. Julaeha mengantarkan penulis ke tempat duduk dan mempersilahkan penulis mengambil menu makanan yang disukai. Ada nasi kucing yang dibungkus daun dan dibentuk segitiga, tahu, tempe, bakwan, sate keong, sate telur puyuh, sate usus, sate ati ampela, telur dadar, telur ceplok dan beragam menu makanan lainnya.

Untuk minumannya, Juanda’s Angkringan Lamer menyediakan kopi lampung, susu jahe yang diracik sendiri secara alami, susu telur madu jahe,  jeruk panas, teh, kopi krotok dan kopi koma yang berkhasiat untuk menyembuhkan orang-orang yang terkena sakit maag.

Penulis pun memesan susu jahe dan nasi kucing yang dicampur dengan sate telur puyuh, sate usus, telur dadar serta tempe bacem.

Rasanya maknyus pisan dan tidak kalah dengan angkringan yang berada di Yogyakarta. Menurut Julaeha, kelezatan rasa makanan dan minuman di angkringan miliknya tidak terlepas dari ketelatenannya dalam mengolah rasa makanan.

Jule begitu ia biasa disapa juga mengatakan angkringan miliknya selain enak dikenal juga memiliki harga yang sangat murah, mulai dari Rp.2.000,- hingga Rp.5.000,-

“ Tapi kalau mau pesen paket juga bisa, mulai dari Rp.15.000,- hingga Rp.18.000,-,” tutup Jule.(HS.Foto:Dok Jule/Istimewa)

Related posts

Leave a Comment