K.H.Ma’ruf Amin Ketua MUI: Lebih Dari 50 Standar Halal di Dunia Menggunakan Standar MUI

Jakarta,Gpriority-Lebih dari 50 standar halal di dunia menggunakan standar Majelis Ulama Indonesia (MUI). “Ini menandakan bahwa standar MUI bagus di mata dunia,” ucap Ketua MUI K.H.Ma’ruf Amin dalam acara High Level Discussion mengenai Indonesia sebagai pusat ekonomi islam dunia yang berlangsung hari ini di Ruang Rapat Djunaedi, Kementerian PPN/Bappenas.

Dalam menerapkan standar halal, MUI seperti dijelaskan K.H. Ma’ruf Amin selalu berpatokan kepada fatwa yang dibahas secara bersama-sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI) serta pelaku usaha.
Dalam pembahasan tersebut, MUI melakukan pendekatan yang sangat ringan namun sesuai aturan dan tidak keluar dari fatwa.

“Jadi kita mencari teroboson di dalam fatwa. Di Arab kalau ada haram dan halal campur maka jadi haram. Tetapi di Malaysia halal semua karena susah dihindarkan. Sementara di Indonesia tidak menggunakan kedua-duanya. karena halal dan haram masih dapat dipisahkan,” tutur K.H.Ma’ruf Amin.

“Kita juga mentelaah ulang fatwa dari ulama yang dulu. Kalau tidak sesuai dan tidak bisa diterapkan kita akan menggunakan pendapat ulama yang baru. Caranya dengan mengkaji kembali,” katanya.

Usai menetapkan fatwa, MUI langsung melakukan sosialisasi kepada para pengusaha syariah. Tujuannya agar mereka memahami fatwa tersebut.
Kontribusi fatwa MUI menurut Ma’ruf Amin ternyata bisa menimbulkan efek berantai baik dari sisi perundang-undangan, hingga terbentuknya lembaga keuangan dan bisnis syariah.(Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment