Kampung Jalak Suren di Klaten Raup Ratusan Juta Rupiah

Jika Anda berkunjung ke Dukuh Nglebak yang terdapat di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten pasti disambut dengan kicau merdu dari Jalak Suren. Setelah ditelusuri ternyata asalnya dari rumah warga yang memiliki sangkar untuk penangkaran burung Jalak Suren.

Tidak hanya satu, dari total 125 Kepala Keluarga (KK), 80 diantaranya menjadikan ternak Jalak Suren sebagai mata pencarian utama. Banyaknya warga yang beternak Jalak Suren membuat dukuh yang terletak di bawah bukit Sidoguro  dikenal juga sebagai Kampung Jalak Suren.

Menurut Warsono, Ketua Paguyuban Peternak Jalak Suren Dukuh Nglebak mengatakan, pada awal mulanya dirinya yang pertama kali melakukan penangkaran. Penangkaran yang sangat mudah, warnanya yang cantik dengan suara yang khas membuat dirinya mau beternak Jalak Suren. Pilihan yang terbilang tepat, pasalnya Warsono sukses di bisnis tersebut.

Kesuksesan Warsono membuat  warga berkeinginan untuk turut menangkarkan Jalak Suren juga. Warsono pun membagi ilmunya kepada warga. “ Hasilnya kini disemua rumah terdapat penangkaran Jalak Suren,” Kata Warsono.

Setiap bulannya, para peternak Jalak Suren rutin berkumpul untuk arisan dan berbagi informasi. Yang membuat arisan ini menjadi menarik adalah pemenangnya tidak mendapatkan uang tunai melainkan sepasang Jalak Suren untuk dibudidaya.

“ Tujuannya diadakan arisan itu agar peternak pemula dan kecil bisa berkembang dengan baik dengan adanya informasi yang diberikan oleh para peternak  lainnya yang sudah sukses di penangkaran jalak Suren,”tutur Rahmanto, salah seorang peternak yang mengikuti arisan tersebut .

Rahmanto yang kini berusia 50 tahun mengakui  bahwa dirinya dulu juga peternak kecil, tetapi berkat adanya  arisan tersebut usaha penangkaran yang dirintisnya sejak 2004 silam mengalami peningkatan dengan adanya  65 pasang jalak suren yang ditangkarkan.

Rahmanto juga mengatakan untuk mencari bibit yang bagus haruslah yang dirawat sejak kecil. Karena produksinya akan lebih bagus dibandingkan kita membelinya setelah dewasa.

Pemilihan bibit yang bagus menjadikan kualitas Jalak Suren di Kampung Jalak dikenal bagus oleh pecinta burung di Indonesia. Untuk harga, satu pasang anakan Jalak Suren berumur satu sampai dua bulan dijual mulai dari Rp.500.000,-, sementara untuk indukan harganya dikenakan Rp.1.6 juta. Meskipun terbilang mahal.(Hs)

 

Related posts

Leave a Comment