Kebijakan Satu Peta Untuk Meningkatkan Kemudahan Berusaha

Jakarta,Gpriority “ Indonesia di bawah Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membangun infrastruktur secara masif dan merata. Tujuannya untuk menyatukan indonesia dan mewujudkan keadilan sosial,” itulah salah satu kata sambutan Menko Perekonomian Darmin Nasution ketika membuka acara peluncuran geoportal kebijakan satu peta, peluncuran buku kemajuan infrastruktur nasional dan penganugerahan  Bhumandala Award 2018 di Hotel Bidakara,Jakarta, Selasa pagi (11/12).

Pemerintah telah menetapkan program percepatan satu peta sesuai peraturan presiden (perpes) no. 9 tahun 2016 mengenai Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta Pada Tingkat Ketelitian Peta Skala 1;50.000. Manfaat kebijakan satu peta seperti dijelaskan Menko Perekonomian Darmin Nasution untuk meningkatkan kemudahan berusaha, pemerataan ekonomi hingga penyelesaian konflik tata ruang.

“ Pelaksanaan kebijakan satu peta tidak terlepas dari gambaran dan isu strategis yang terjadi di indonesia,” ujar Menko Perekonomian Darmin.

Sebagai salah satu upaya penyelesaian upaya tersebut telah disusun pedoman yang memuat tentang tumpang tindih wilayah.

Pemerintah seperti dijelaskan Darmin juga akan mendorong kebijakan satu peta yang lebih detail di masa yang akan datang. “ Ke depan kita perlu 1:1000 skala,” ucap Menko Perekonomian.

Bidang tanah dan kawasan menurut Darmin juga perlu dituangkan dalam database untuk penguatan kebijakan satu peta.

Selain kebijakan satu peta, dalam acara ini dilakukan pula peluncuran buku infrastruktur dan penganugerahan  Bhumandala Award 2018  kepada Kementerian dan Kepala Daerah.(Hs.Foto:Hs)

 

 

Related posts

Leave a Comment