Kemenkes Berikan Penghargaan Kepada Daerah Yang Melakukan Pelarangan Rokok

Jakarta,Gpriority-Guna memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah terkait dengan pelarangan rokok, pada acara Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) yang diselenggarakan pada Kamis (11/7) di Ruang Auditorium Siwabessy Kemenkes, Jakarta Selatan.
Penghargaan yang diberikan oleh Menteri Kesehatan Nila F Moeloek pada adalah Pastika Paramesti, Parahita, Parama dan Aulia Pariwara.

Pastika Paramesti adalah penghargaan yang diberikan kepada Provinsi/Kabupaten/Kota yang telah memiliki kebijakan baik itu berupa peraturan Gubernur/Bupati/Walikota tentang KTR.Daerah yang mendapat Pastika Paramesti adalah Kota Pasuruan, Kabupaten Bima, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Lingga, Kabupaten Asahan

Pastika Parahita adalah penghargaan yang diberikan kepada Provinsi/ Kabupaten/Kota yang telah memiliki peraturan daerah (Perda) tentang KTR. Daerah yang meraih Pastika Parahita adalah,Provinsi Jawa Barat, Kota Pariaman, Kota Palopo, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Sikka, Kabupaten Timur Tengah Utara,Kabupaten Siak,Kota Bandar lampung, Kabupaten Blitar,Kabupaten Sanggau, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabupaten Rebong, Kabupaten Seloma, Kabupaten Pati, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Sumbawa,

Pastika parama merupakan penghargaan yang di diberikan kepada Provinsi/Kabupaten/kota yang telah memiliki peraturan daerah dan juga telah mengimplementasikan kebijakan KTR tersebut di seluruh wilayahnya.

Daerah yang meraih Pastika Parama adalah Provinsi Kalsel,Provinsi Babel, Provinsi Maluku,Kabupaten Mojokerto, Provinsi Kaltim, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Natuna, Batam, Kabupaten Serang, Ngawi, Buleleng, Kabupaten Tapin, Kabupaten Nagan Raya, Kabupetan Banjar, Kabupaten Bone Bolango, Mamuju, Kabupaten Bone, Kabupaten Gowa ,Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Keerom,kabupaten Balangan,Gresik,Sumedang,Banjar Baru, Kabupaten Bandung, Kota Surabaya, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Sukabumi,

Aulia Pariwara merupakan penghargaan yang diberikan kepada Provinsi/ Kabupaten/Kota yang melarang iklan rokok di daerahnya. Dua daerah meraih Aulia Pariwara yakni Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Banggai.

Usai memberikan penghargaan, Menkes Nila yang memberikan sambutan mengatakan, puncak peringatan hari tanpa tembakau sedunia sejatinya jatuh pada 31 Mei namun baru bisa diselenggarkan pada 11 juni.

Menkes juga mengucapkan terima kasih kepada gubernur, bupati dan walikota yang hadir di acara ini dan sudah melakukan pelarangan rokok di daerah

Menkes juga mengatakan, ” Berdasarkan surBapak bapak yang merokok berdasarkan survey banyak sekali kalau istri yang ngomong gak pernah didengar,jadi mesti anak dan cucu. Saya berterima kasih kepada anak anak yang mau memperingatkan bapaknya. Dan untuk menghentikan rokok harus ada tindakan dari keluarga.”(Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment