Kementerian PUPR Akan Membedah 2.050 RUMAH DI MALUKU

Maluku,Gpriority- Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan bedah rumah di Maluku. Sebanyak 2.050 unit rumah masyarakat akan dibedah oleh Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR di enam kabupaten/ kota yang ada di provinsi tersebut.

“SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku selaku perwakilan dari Kementerian PUPR di daerah, akan melaksanakan program BSPS atau bedah rumah sebanyak 2.050 unit rumah di enam kabupaten / kota di Provinsi Maluku pada tahun 2019 inu,” ujar Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku, Pither Pakabu usai melakukan penyerahan buku tabungan untuk Program BSPS di Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, beberapa waktu lalu.

Pither menjelaskan, ada dua jenis dana BSPS yang disalurkan oleh pemerintah kepada masyarakat. Pertama adalah Peningkatan Kualitas (PK) senilai Rp 17,5 juta dan Pembangunan Baru (PB) senilai Rp 35 juta.

“Dana BSPS ini disalurkan Kementerian PUPR kepada masyarakat melalui bank penyalur dana bedah rumah. Penyerahan buku tabungan merupakan rangkaian kegiatan dari proses administrasi yang wajib diterima oleh penerima bantuan sebelum pembangunan fisik dilaksanakan. Dana tersebut diterima oleh penerima bantuan BSPS dipergunakan dalam bentuk bahan bangunan dan sebagian untuk upah kerja tukang,” terangnya..

Pada kegiatan tersebut, SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku menyerahkan buku tabungan Program BSPS kepada 20 keluarga di Desa Hatu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Penyerahan buku dilaksanakan di kantor pemerintah Desa Hatu dan disaksikan langsung oleh Bapa Raja atau Kepala Desa setempat, Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), Camat, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Swadaya SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku dan Pihak Bank BTN selaku bank penyalur dana BSPS.

“Program BSPS untuk Desa Hatu tahun 2019 ini sebanyak 20 unit rumah,” terangnya.

Sementara itu, Bapa Raja atau Kepala Desa Hatu Markus Hehalatu, menyatakan sangat mengapresiasi penyaluran bantuan bedah rumah kepada masyarakat Desa Hatu dari pemerintah khususnya Kementerian PUPR.

“Masih banyak masyarakat di Desa Hatu yang tergolong masyarakat berpenghasilan rendah. Adanya program BSPS tentunya dapat meningkatkan kualitas tempat tinggal mereka. Kami harap tahun depan jumlah bantuannya bisa lebih ditingkatkan lagi,” harapnya.

Selain di Desa Hatu, SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku juga memberikan BSPS untuk warga Negeri Larike, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah Di Desa Larike terdapat 30 keluarga yang menerima bantuan program BSPS.

Perwakilan Perangkat Desa Larike, Abdurab Sia mengutarakan rasa syukurnya sekaligus menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian PUPR yang telah memberikan bantuan perumahan bagi masyarakat kurang mampu di Desa Larike.

“Semoga dengan adanya bantuan BSPS atau bedah rumah bagi 30 keluarga ini akan membantu mereka menempati rumah yang layak huni,” tutupnya.(Hs)

Related posts

Leave a Comment