Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji Mendukung Penuh Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia 2018

Jakarta,Gpriority-Pelaksanaan Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia 2018 mendapat dukungan banyak pihak, di antaranya Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Beliau berharap para Putera-Puteri Maritim Indonesia dapat menjadi agen perubahan yang dapat menghasilkan output yang sangat berarti untuk pengembangan budaya maritim di Indonesia, dan gaung dari kegiatan PPMI ini diharapkan tetap dapat dirasakan di 10 tahun mendatang.

Pelaksanaan PPMI 2018 juga mendapat dukungan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan. Luhut berharap para finalis dapat membantu melakukan kampanye untuk menghentikan penggunaan plastik yang telah menjadi persoalan serius bagi lingkungan dan biota laut.

Setelah menjalani proses Pendidikan dan Pelatihan, para finalis harus membuktikan diri sebagai yang terbaik di ajang Grand Final PPMI 2018 pada 1 Oktober 2018 di Kementerian Pariwisata RI. 

Dalam segmen akhir ini, para finalis akan memperebutkan Mahkota dan Piala Bergilir Putera-Puteri Maritim Indonesia. Para finalis juga akan memperebutkan banyak hadiah lainnya, yaitu hadiah uang tunai, trophy, sertifikat, selempang Duta Maritim Indonesia 2018, serta kesempatan untuk mengikuti pelatihan di luar negeri di bawah Kementerian Luar Negeri.

Selain mencari pemenang utama, yaitu Putera-Puteri Maritim Indonesia, dalam kesempatan yang sama Panitia PPMI 2018 juga akan mencari pemenang-pemenang bagi sejumlah kategori lainnya, antara lain Juara Kategori IPTEK, Juara Kategori Favorit, Juara Kategori Wisata Maritim, dan Juara Kategori Lingkungan Hidup. 

Seluruh peserta akan menjadi Duta Maritim Indonesia 2018 dan juga akan mendapatkan kesempatan serta tanggung jawab untuk aktif melakukan kegiatan kemaritiman di daerah masing-masing. Para Putera-Puteri Duta Maritim Indonesia akan bekerja sama dengan kepala dinas setempat untuk melakukan kegiatan-kegiatan seperti memberikan pelatihan kepada warga pesisir, budidaya terumbu karang, dan menanam bakau di mana mereka dapat menerapkan ilmu dan keterampilan yang telah diberikan selama masa Pendidikan dan Pelatihan. Hingga saat ini, para Putera-Puteri Duta Maritim Indonesia 2016 dan 2017 telah berhasil melaksanakan berbagai macam kegiatan kemaritiman di daerah masing-masing di seluruh Indonesia. Setiap kegiatan kemaritiman yang dilaksanakan dilaporkan di akun-akun media sosial resmi PPMI dengan harapan dapat menginspirasi pemuda-pemudi lainnya untuk juga ikut aktif terlibat dalam penyelenggaraan serta pelaksanaan kegiatan kemaritiman di daerah masing-masing.

Sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 2016, ajang PPMI telah menarik banyak sekali peminat. Pada tahun ke-dua dilaksanakannya ajang PPMI, Panitia PPMI 2017 telah mencatat bahwa berkas syarat pendaftaran telah diunduh lebih dari 4.500 kali. Jumlah tersebut kemudian mengerucut menjadi 172 peserta yang lulus seleksi administrasi, lalu 135 peserta yang lulus seleksi wawancara online, hingga terpilih 77 finalis dari 23 provinsi di Indonesia untuk mengikuti proses Pendidikan dan Pelatihan. (Hs)

 

Related posts

Leave a Comment