Kerajinan Kulit Pari Merambah Pasar Global

Di era globalisasi ini jiwa entrepreuneurship sudah harus dimunculkan dan dikembangkan, karena dengan perkembangan digital yang semakin luar biasa canggih, berjualan pun tidak harus membuka toko, hanya dengan internet kita bisa merambah pasar global, terbukti banyak sekali produk-produk yang dijual ditoko juga dijual pada akun jejaring sosial, seperti di Instagram atau melalui website yang disebut online shop, karena dengan berbagai akses kemudahan yang diberikan, melalui smartphone hanya dengan mengklik barang tersebut, orang sudah bisa melihat gambar, bentuk, dan harga barang yang diinginkannya, lalu membelinya serta bisa memberikan feedback berupa ulasan bagi produk tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh Septiar Alif Saputro, diawal tahun 2013 beliau terbesit ide untuk menciptakan produk yang unik dan terbilang masih jarang ada di Indonesia. Keinginan beliau untuk menggeluti kerajinan kulit ini karena mempunyai tantangan tersendiri dalam proses produksi sampai penjualan produk yang masih terbilang sulit karena ditahun 2013 tentunya masih jarang orang mengetahui produk kerajinan kulit pari ini.

Beliau mulai memngembangkan jiwa entrepreuneurship saat masih duduk dibangku kuliah, mencoba untuk berjualan produk-produk rumah tangga secara online di amazon.com hingga bisnis kecil-kecilan lainnya. Keinginannya untuk beralih ke bisnis lain karena ingin sesuatu yang berbeda.

Untuk memulai bisnis kerajinan Kulit Pari ini, beliau meminjam uang untuk modal kepada rekannya yang bernama Rudy Hermawan. Kemudian barulah memulai untuk mencari bahan baku dari kerajinan ini, untuk kulit parinya beliau mendapatkan dari beberapa pengolah kulit yang salah satunya dari Kota Cilacap.

Dalam proses pengerjaannya tergantung jenis produk dan jenis kulit yang akan di kerjakan. Pengerjaan paling cepat 3 hari dan paling lama bisa sampai 2 bulan tergantung kerumitan dan bahan baku, dalam hal pembuatan produk, beliau belajar secara otodidak dari teman-teman dan partner sesama pengrajin. Produk Kulit Ikan Pari seperti; dompet, tas, ikat pinggang, gelang dan aksesoris lainnya, untuk pembelian produk kulit pari bisa dilakukan melalui website resmi www.kulitpari.com

Septiar mengatakan “untuk harga kita jual dengan kisaran mulai dari 50 ribu rupiah sampai 3 juta rupiah, dan sudah kami jual ke seluruh Indonesia dan beberapa negara di asia tenggara seperti malaysia, taiwan, dan thailand”

“semua itu bermula dari keyakinan dan usaha serta di ikuti dengan doa Insyaallah semua ada jalan. Proses yang berat akan terasa ringan jika kita bisa menikmati proses. Jangan menyerah di tengah jalan karena bisa jadi kesuksesan sedang menunggu” tambahnya.(Syifa.Foto:Dok.Pribadi)

Related posts

Leave a Comment