Kolaborasi Goenawan Mohamad dan Hanafi Lahirkan 57×76

Jakarta, Gpriority-57×76 merupakan kolaborasi dari Goenawan Mohamad (GM) dan Hanafi dalam berkarya.
Dijelaskan Hanafi dalam press tour yang berlangsung kemarin sore (21/6),

kolaborasi yang dimaksud adalah dirinya memulai melukis melalui kanvas atau kertas, lalu memberikannya kepada GM untuk dilanjutkan, atau sebaliknya.
Hanafi juga menjelaskan kolaborasi 57×76 muncul secara spontan dari dirinya setelah menyaksikan pameran tunggal GM. Hanafi kemudian mengajak GM bergabung sehingga terciptalah kolaborasi tersebut.

Proyek yang dimulai sejak November 2016 menghasilkan lebih dari dua ratus lukisan dan gambar. Dan beberapa hasilnya dipamerkan di Galeri Nasional Gedung A mulai 21 Juni hingga 2 Juli 2018.

Mengenai tema 57×76 diangkat berdasarkan usia masing-masing pelukis. Dalam tema 57×76 menyinggung beberapa hal seputar kolaborasi dan khazanah praktik seni rupa. 57×76 juga mengulas pilihan spesifik dari dua seniman dalam menjalankan karya-karyanya.

57×76 memang bukan sebuah proyek yang mengikuti tren mutakhir praktik kolaborasi kontemporer, melainkan sebuah kekhususan karena hanya melibatkan dua seniman tersebut baik dalam melakukan instalasi maupun menikmati hasil karya.(Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment