Kominfo Dorong Generasi Muda Untuk Membanjiri Medsos dengan Konten Positif

Banyaknya konten negatif yang marak belakangan ini membuat Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan lomba memproduksi konten positif di media sosial.

“Ayo berlomba untuk produksi konten positif, agar media sosial dibanjiri dengan hal-hal baik,” kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti dalam sambutan Penghargaan Kompetisi Konten Kreatif Bhinneka Itu Kita di Ruang Serbaguna Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (07/06/2017).

Menurut Niken, produksi konten positif diperlukan untuk mengimbangi sebaran konten negatif berupa kebencian atau radikalisme.

Lebih lanjut dikatakan oleh Niken, melalui lomba ini, Kementerian Kominfo ingin mendorong produksi konten informasi positif yang dapat disebarluaskan melalui media sosial. “Lomba ini ditujukan untuk mengangkat kembali nilai-nilai Pancasila dengan format kekinian. Dan saya melihat antusiasme anak muda, generasi milenial cukup tinggi dan sangat menghargai keberagaman yang ada di Indonesia,” katanya.

“ Syukur pada Tuhan, jumlah partisipan yang  mengikuti acara mencapai lebih dari 2000, ” ujarnya.

Ditambahkan oleh Niken, setelah dilakukan seleksi selama periode kompetisi, total karya yang masuk sebanyak 1933 dengan rincian film pendek 108 karya, videografis 106 karya, fotografi 1216 karya, vlog 60 karya, dan artikel 443 karya.

Banyaknya pemuda yang berpartisipasi membuat Niken merasa senang. “Ternyata anak muda sekarang ini menpunyai jiwa nasional yang sangat luar biasa. Dari kompetisi inilah, kami harapkan nanti akan banyak konten-konten yang positif,” paparnya.
Kompetisi produksi konten informasi Bhinneka Itu Kita diselenggarakan oleh Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik mulai tanggal 25 – 31 Mei 2017. Setiap peserta melakukan pengajuan karya melalui website dan dinilai oleh panel juri dari praktisi serta SUKA Studio. Ada lima kategori kompetisi konten informasi yakni Film Pendek (umum), Videografis (pelajar dan umum), Fotografi (pelajar dan umum), Vlog (pelajar dan umum), dan Artikel (pelajar dan umum) yang memperebutkan total hadiah sebesar total Rp157,5 juta. (hs)

Related posts

Leave a Comment