Konferensi SDGs untuk Memperkuat Tujuan Pembangunan Nasional

Jakarta,Gpriority-Tujuan pembangunan nasional adalah saling menguatkan. Untuk itulah pada Senin (17/12) dilaksanakan Konferensi Nasional Sustainable Development Goals (SDGs) 2018 di Hotel Fairmount,Jakarta.

Dijelaskan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S Brodjonegoro dalam sambutannya, FDGs atau dalam bahasa Indonesia diartikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang dilaksanakan pada hari ini sesuai Arahan perpes no.99 tahun 2017 mengenai pelaksanaan pencapaian TPB.

” Tujuan diadakan acara ini untuk memperkuat konsolidasi dan akselerasi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan nasional oleh seluruh pemangku kepentingan tingkat nasional dan daerah,” ucap Bambang Brodjonegoro.

Lebih lanjut ditambahkan Bambang, konferensi ini menjadi salah satu tonggak dalam pelaksanaan pencapaian target FDGs di tahun 2030. Untuk itulah konferensi ini akan terus diadakan untuk kelanjutan pembangunan di negara kita. ” Dan untuk tahun ini kami buat dengan nuansa hutan sesuai dengan pencanangan pembangunan rendah karbon,” ucap Bambang.

Selain mengadakan konferensi, ada beberapa hal lainnya yang dilakukan oleh Kementerian PPN/Bappenas untuk mencapai target tersebut seperti mengutamakan SDGs dalam RPJMN 2020 hingga 2024,melakukan finalisasi analisis keterkaitan antar goal yang menjadi pencapaian target, serta melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah untuk mendukung pencapaian FDGs.

Terkait dengan pelaksanaan SDGs, Bambang mengatakan Indonesia memiliki kemajuan yang sangat pesat terbukti dengan kepemimpinan Indonesia dalam SDGs di acara pertemuan IMF di Bali, terlibat dalam forum G20 dan lain sebagainya.

Bambang juga menjelaskan bahwa di Indonesia telah terbentuk SDGs center di beberapa Universitas di Indonesia seperti Universitas Padjajaran, Universitas Bengkulu, serta Universitas Jember.Dan rencananya akan ada beberapa universitas lagi yang akan membentuk SDGs Center. (Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment