Kopi Kreatif: Cara Unik “Menikmati” Kopi

Aroma kafein pada kopi memang telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya. Mengonsumsi kopi, bagi sebagian orang, merupakan sebuah kebutuhan dan tak jarang menjadi sebuah rutinitas. Bahkan, kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Tak hanya dapat dikonsumsi sebagai minuman, kopi juga kini mulai dimanfaatkan sebagai produk lain. Salah satunya ialah sebagai bahan kerajinan tangan.

Yudi, pengrajin asal Yogyakarta, memanfaatkan biji kopi sebagai bahan dasar gelang. Ia memilih kopi karena aromanya yang khas dan unik. Melalui Kopi Kreatif, ia pun mantap untuk merintis usaha dibidang kerajinan tangan berbahan dasar kopi. Yudi, yang memulai usahanya sejak 2015 ini, memang mengaku sebagai penikmat kopi sejati.

Awal mula ia mendapatkan ide untuk membuat gelang kopi karena ia terinspirasi dari beberapa kawannya yang tak bisa memgonsumsi kopi, namun sangat menyukai aromanya. “Ada temen yang ngga bisa minum kopi. Tapi mereka suka aromanya,” ujar Yudi.

Untuk desain, Yudi mendesain sendiri gelang kopi tersebut. Namun, tak dipungkiri, ia juga kerap mendapatkan inspirasi desai kerajinan tangan serupa dari luar negeri sebagai referensi produk usahanya.

Dalam membuat gelang kopi tersebut, Yudi mendapatkan bahan baku dari sejumlah daerah penghasil kopi seperti Sumatera Selatan dan Temanggung. “Saya dapat langsung biji kopinya dari petani di sana,” ungkapnya. Gelang kopi tersebut juga memiliki standar pengawasan kualitas. “Kualitasnya tergantung dari proses ketahanan biji saat mulai dibuat menjadi gelang. Kalau saat dibuat, biji kopinya retak, kita ngga bisa pakai lagi,” papar Yudi.

Tantangan Menjaga Kreativitas

Dalam menjalani berbagai usaha, tentunya tak luput dari berbagai tantangan. Terutama di era modern saat ini, dimana setiap orang mudah mendapatkan informasi.

Begitu juga yang dialami oleh Yudi. Selama kurang lebih 3 tahun merintis usaha di bidang kreatif, Yudi mengaku bahwa salah satu tantangannya ialah kepatenan kreativitas produk. “Kesulitannya ya sebenarnya barang (gelang kopi) itu gampang ditiru,” ungkapnya.

Untuk itu, Yudi beserta timnya terus berusaha untuk menghadirkan produk-produk yang monoton. “Untuk itu, Kopi Kreatif punya tim research sendiri,” lugasnya. Dalam hal ini, tim tersebut berfungsi untuk mengamati perkembangan pasar dan bahan baku kopi.

Salah satu inovasi dan pemanfaatan lain dari biji kopi yang ia pakai adalah produk lain berupa ekstrak kopi. “Jadi biji kopi yang ngga lolos seleksi untu dibuat gelang, kita manfaatkan lagi, kita olah lagi jafi ekstrak kopi,” ujar Yudi.

Merintis usaha berbasis online, Yudi melalui Kopi Kreatif sudah berhasil mendistribusikan gelang kopi karyanya ke berbagai daerah di Indonesia. “Iya, sudah beberapa kita distribusikan ke daerah di luar Yogya,” pungkasnya.

 

 

 

Related posts

Leave a Comment