Kutim Hadiri Sosialisasi Peningkatan SPM

Jakarta,Gpriority-Dalam rangka meningkatkan standar pelayanan minimal sesuai dengan permendagri 100 tahun 2018, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur menggelar acara sosialiasi kebijakan penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Hotel Holiday Inn Express Wahid Hasyim, Jakarta, Kamis (12/9).
Acara sendiri dihadiri oleh Kepala Bagian Organisasi dan Tata laksana (Kabag Ortal) se-kabupaten/kota yang terdapat di Kaltim termasuk Plt Kabag Ortal Kutai Timur (Kutim) Joni Abdi Setia, S,STP.,MT.

Ditemui seusai acara Joni mengatakan acara ini sangat bagus sekali pasalnya dengan adanya penerapan standar pelayanan minimal setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) punya standar pelayanan masing-masing, minimalnya berapa dan harus dipenuhi.

SPM seperti dituturkan Joni wajib dilaksanakan oleh OPD yang berhubungan dengan pelayanan wajib seperti pendidikan anak usia dini,pendidikan dasar,pendidikan kesetaraan,pelayanan kesehatan ibu hamil,pelayanan kesehatan ibu bersalin, pelayanan kesehatan bayi baru lahir,pelayanan kesehatan balita,pelayanan kesehatan pada usia pendidikan dasar,pelayanan kesehatan pada usia produktif,pelayanan kesehatan pada usia lanjut, infrastruktur dan pelayanan lainnya.

Untuk mengetahui apakah SPM sendiri berjalan dengan baik di Kutim, Pemkab melaporkan kepada penyelenggaraan Pemerintah Provinsi untuk dilakukan penilaian.” Jika SPM nya sudah memenuhi standar, Kutim tidak akan berpuas diri dan terus berupaya untuk mempertahankannya. Namun jika hasilnya di bawah standar, maka Pemkab akan melakukan evaluasi, setelah itu meningkatkan pelayanan sesuai standar yang diterapkan pemerintah pusat,” tutur Joni.

Joni sendiri mengatakan, jika melihat apa yang dilakukan Pemkab Kutim, SPM yang diterapkan pemerintah sudah terpenuhi.” Namun semuanya dikembalikan lagi dari hasil evaluasi provinsi,” tutup Joni.(Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment