Kutim Kembali Raih WTP 2018

Samarinda,Gpriority-Untuk ketiga kalinya, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) meraih penghargaan WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Layaknya permainan sepak bola dalam perolehan tiga gol berturut-turut, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dibawah kepemimpinan Bupati H Ismunandar dan Wakil Bupati H Kasmidi Bulang, sukses menorehkan “Hattrick” (tiga kali beruntun), meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

WTP adalah opini audit yang akan diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material. Jika laporan keuangan diberikan opini jenis ini, itu berarti auditor meyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, perusahaan/pemerintah dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik, dan kalaupun ada kesalahan, kesalahannya dianggap tidak material dan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan.

Opini positif dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Kaltim ini diberikan setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pengelolaan keuangan Pemkab Kutim tahun anggaran 2017. Hal ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan patut diapresiasi dan dipertahankan.

Penghargaan sendiri diterima oleh Wakil Bupati Kasmidi Bulang mewakili Ismunandar di aula sekretariar kantor BPK RI Perwakilan Kalimantan Timur (Kaltim) pada Senin (28/5). Saat menerima WTP, Kasmidi Bulang didampingi oleh Ketua DPRD Kutim Mahyunadi, Asisten Administrasi Umum Hj Yulianti, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Suriansyah serta beberapa pejabat dilingkup Pemkab Kutim lainnya.

Usai penghargaan, Kasmidi mengatakan, penghargaan yang diperoleh secara berturut-turut ( 2016,2017 dan 2018) menandakan bahwa pengelolaan keuangan di Kutim sangatlah baik.

“  Beberapa tahun ke belakang keuangan daerah sempat dinyatakan berstatus “defisit” , namun berkat pengelolaan dan pengaturan keuangan daerah yang baik berbuah suatu penilaian dan prestasi yang baik,” ucap Wakil Bupati Kasmidi Bulang.

Orang nomor dua di Pemkab Kutim ini, Kasmidi juga mengatakan suksesnya WTP di Kutim tentunya  sangat membanggakan tidak hanya pemerintah daerah tetapi juga masyarakat  dan instansi daerah yang turut mendukung dalam penyusunan pengelolaan keuangan daerah.

Kasmidi juga mengatakan bahwa dirinya sudah melapor kepada Ismunandar, atas prestasi WTP yang kembali di raih oleh Kutim. Beliau yang sedang berada di Semarang merasa senang dan gembira akan kabar tersebut.

“Apa yang kami peroleh hari ini adalah hadiah bagi masyarakat Kutai Timur. Hasil kerja keras kita semua untuk kemajuan dan kesejahteraan yang merata di Kutim,” kata Kasmidi mewakili Bupati Kutim Ismunandar.

Ia berharap, kinerja yang baik dan prestasi yang sudah diperoleh bisa dipertahankan dengan lebih baik lagi. Agar Kutim bisa terus menoreh prestasi di segala bidang. (HS/Adv.Foto:Infokom Kutim)

 

Related posts

Leave a Comment