Lukman Hakim Saifuddin (Menag RI): Keragaman merupakan berkah dan anugerah dari Allah SWT

Keberagaman dan kemajemukan pada hakikatnya sunnatullah. Keragaman merupakan berkah dan anugerah dari Allah SWT. Dalam konteks Indonesia tidak hanya agama yang beragam, tapi ras, suku bangsa, etnis, flora dan fauna kita juga beragam.

Saya menyayangkan situasi Indonesia saat ini.  Karena Segelintir orang yang mengatasnamakan agama berupaya memecah belah keberagaman dan kebhinekaan yang ada di Indonesia ini. Oleh karena itu pemerintah bersama pemuka agama serta kepala daerah berupaya untuk meredam semua ini.

Saya juga menyarankan agar umat islam  mau mengembangkan paham yang moderat seperti Asy’ariyyah dan Maturidiyyah, bukan jabariyah, mu’tazilah dan sebagainya.  Di Timur Tengah, seperti Syiria dan Irak yang dahulu terkenal dengan peradabannya, saat ini kita melihat negara tersebut berantakan dan amburadul, dikarenakan tidak mampu menciptakan sikap saling menghargai dan menghormati dalam keberagaman. Kita tentunya, tidak ingin hal yang demikian terjadi di Indonesia.

Umat islam juga harus mengedepankan moderasi islam dan toleransi. Sehingga mampu untuk menjaga, merawat kebhinekaan, memperkokoh toleransi serta tidak mudah menyalah-nyalahkan atau membid’ah-bid’ahkan orang yang tidak sepaham dengan kita.

 

Related posts

Leave a Comment