Makin Tua Makin Mahal Harganya

“ Semakin tua umur sebuah motor, harganya pun semakin mahal”. Itulah yang dikatakan Reby Fino kepada penulis di gerai miliknya yang terletak di Paseban Raya no.59 C, Jakarta Pusat.

Dikatakan oleh Fino, awalnya ia hanyalah penggemar motor antik. Namun karena semakin hari koleksinya semakin banyak, ia pun menjual motor-motor tersebut baik melalui iklan di media sosial maupun dari teman-teman dekat.  

“ Bagi Anda yang juga hobi motor klasik, dan ingin membeli motor klasik bisa menghubungi saya,” ucap Fino.

Diakui oleh Fino, Motor-motor klasik yang dia koleksi dan dijual pada saat ini diperolehnya dari media online maupun melalui teman. 

“ Tergantung jenis motornya, kalau mau motor klasik jenis Eropa atau Jepang yang asli biasanya saya mendapatkan informasinya dari kawan-kawan”.

Ketika ditanya merek motor klasik apa saja yang dia miliki? Fino menjawab ada CB gelatik, astrea tahun 1973-1974,  ada honda tahun lama, yamaha serta berbagai macam motor klasik lainnya termasuk motor yang dipergunakan pasukan pengawal presiden (paspampres) di saat mengawal Presiden IR. Soekarno.

Diakui oleh Fino, selain antik, perbaikan yang tidak terlalu repot dikarenakan mesinnya masih menggunakan karburator, cc nya  yang cukup besar dibandingkan motor saat ini, menjadi alasan kenapa dirinya menyukai motor tua.

Meskipun perbaikannya tidak terlalu repot, Fino menyarankan agar motor-motor tua ini digunakan hanya pada waktu weekend saja, alasannya agar lebih terawat dan tidak mudah rusak.

“ Kalau sudah rusak mas, motor tua bisa menghabiskan uang yang sangat besar, karena sparepart yang dijualnya juga mahal-mahal, dikarenakan produsen sudah jarang memproduksinya,” ucap Fino.

 Saat ditanya berapa harga motor klasik yang pada saat ini beredar di pasaran? Fino menjelaskan harganya sangat abu-abu atau tidak jelas, “ kadang ada yang jual Rp.7 juta, ada yang jual Rp.15 juta dan ada juga yang menjual hingga Rp.100 juta.  Pokoknya harga itu tergantung dari jenis motor, merk dan tahun pembuatannya,” ujar Fino.

Meskipun diakuinya harga motor klasik masih tidak jelas, namun tidak mengurangi minat pengendara motor untuk membelinya meskipun hanya sebagai koleksi.(HS.Foto:HS)

Related posts

Leave a Comment