Mana Yang Lebih Unggul, Rush atau Terios?

Toyota rush dan daihatsu terios merupakan jenis mobil yang masuk ke dalam kelas  SUV (Sport Utility Vehicle).

Meskipun berada di kelas yang sama, menggunakan mesin yang sama VVT i-DoHC dengan kapasitas 1500 cc serta hadir dengan 2 varian sistem transmisi yaitu manual dan otomatis, ternyata ada beberapa perbedaan antara rush dan terios.

Yang pertama konsep mobil, dijelaskan oleh pihak toyota pada acara IIMS dan GIIAS 2017, rush dibuat untuk konsumen yang  menginginkan konsep mobil sporty, sedangkan terios seperti yang dituturkan oleh  Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra di acara yang sama, diperuntukkan bagi konsumen yang menginginkan konsep mobil SUV bagi keluarga.

Kedua adalah desain eksterior, di rush tipe G dilengkapi dengan aksesoris fender dan spion fender sedangkan tipe S menggunakan tambahan aerokit sehingga mobil nampak terlihat lebih gagah. Untuk terios tipe TS, di bagian body mobilnya tidak memiliki aksesoris over fender dan spoiler belakang serta masih menggunakan velg jenis standar. Tipe TX adventure dapat dibilang mobil terios paling lengkap dan gagah di kelasnya, pasalnya  sudah difasilitasi dengan aksesoris yang terlengkap serta Body Kit Adventure.

Perbedaan lainnya yang bisa dilihat adalah dimensi kedua mobil, untuk rush memiliki dimensi mobil 4420 mm x 1745 mm x 1740 mm sedangkan terios hanya memiliki dimensi sebesar 4385  mm x 1695 mm x 1695 mm. Dari spion mobil, Anda juga bisa melihat perbedaannya, pada rush,  pabrikan toyota memasang penggerak spion  elektrik yang mampu membuat pengendara dapat mengatur langsung dari dashboard, sedangkan terios, penggerak spionnya masih manual dan tidak melalui dashboard.

Jok mobil juga menjadi pembeda antara rush dan terios. Untuk rush tipe G atau S sama-sama menggunakan model jok 2 baris. Ini dimaksudkan agar ukuran bagasi menjadi lebih luas sehingga mampu menampung barang bawaan lebih banyak lagi. Sedangkan terios menggunakan model jok 3 baris sesuai dengan konsepnya mobil keluarga.

Fitur interiornya pun berbeda, Rush tipe G dilengkapi sistem audio  1-Din MP3, CD, DVD, AUX tanpa dilengkapi support USB. Rush tipe S dilengkapi sistem audio 2-Din, CD, DVD, MP3, AUX, serta support USB. Sedangkan untuk terios, baik tipe TS maupun TX hanya dilengkapi dengan MP3, CD, DVD, Radio, dan AUX. Sedangkan untuk tipe TX Adventure, sudah dilengkapi dengan Multi Information Display dengan Port USB.

Untuk tenaga dan torsinya pun bisa dibilang berbeda meskipun menggunakan jenis mesin yang sama. Rush mampu menghasilkan tenaga hingga 108 Hp dan torsi mencapai 142 Nm, sedangkan terios tenaga yang dihasilkan 107 Hp dan torsi mencapai 141 Nm.

Seal pintu mobil pun berbeda, rush memiliki desain yang lebih tebal sehingga membuat kabin mobil menjadi lebih senyap, sedangkan terios tidak terlalu tebal sehingga kabin mobil terkesan kurang begitu senyap sehingga suara-suara dari luar mobil masih dapat masuk ke kabin mobil.

Sistem suspensinya pun berbeda. Terios memiliki sistem suspensi belakang lebih sedikit kaku dan mengayun sehingga membuat penumpang yang berada di bangku belakang merasa tidak nyaman selama berkendara, sedangkan rush bersuspensi lebih lembut sehingga membuat perjalanan menjadi terasa lebih nyaman meskipun dalam keadaan jalanan rusak dan berbatu.

Dan terakhir fitur keselamatan. Untuk fitur keselamatan rush jauh lebih unggul  dibandingkan terios. Pasalnya Rush sudah dilengkapi sistem  pengereman ABS, dual airbags, dan sensor parkir, sedangkan terios belum dilengkapi fitur tersebut.

Itulah perbedaan-perbedaan antara rush dan terios. Dan mengenai siapa yang lebih unggul penulis mengatakan rush lebih unggul dibandingkan terios. Semoga informasi ini bermanfaat buat Anda.(HS.Foto:Istimewa)

 

Related posts

Leave a Comment