Manajemen Pengelolaan Bencana di Pohuwato

Sentul,Gpriority-Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2020 yang digelar di Sentul Internasional Convention Center (SICC) pada Senin (3/2) dan Selasa (4/2) mendapat apresiasi yang sangat positif dari Wakil Bupati Pohuwato Drs.H.Amin Haras.

Menurut Amin Haras,Rakornas PB ini sangat penting sekali apalagi pada puncak acara (4/1) dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi seperti dituturkan Amin Haras menyampaikan arahan-arahan yang terkait dengan bencana banjir,tanah longsor dan bencana lainnya.

” Beliau berpesan agar daerah melakukan upaya pencegahan salah satunya dengan menanam pohon. Selain itu Jokowi juga menyampaikan pesan bahwa harus melakukan penanganan secepatnya ketika bencana terjadi,” jelas Amin Haras.

Pohuwato sendiri sudah melakukan upaya pencegahan bencana, salah satunya melakukan kerjasama dengan pihak kehutanan dan balai sungai. ” Bentuk kerjasama yang dimaksud adalah pemerintah bersama masyarakat melakukan penanaman bibit yang diperoleh dari kehutanan,” ucap Amin Haras.

Amin juga mengatakan, “Alhamdulillah di Pohuwato hingga saat ini masih belum ada. Namun andai kata ada bencana di beberapa titik, setidaknya kami sudah melakukan pencegahan seperti penanaman pohon yang sudah dijelaskan tadi,melakukan himbauan kepada masyarakat untuk melakukan antisipasi terhadap bencana. Sehingga masyarakat bisa melakukan evaluasi ketika bencana terjadi dan membentuk tim satuan tugas terpadu untuk penanganan bencana yang melibatkan semua instansi terkait seperti TNI,polri dan Basarnas. Untuk anggarannya sudah disiapkan,” tutur Amin Haras.

Amin juga mengatakan bahwa terkait hasil rumusan rapat koordinasi ini ada beberapa yang perlu ditindaklanjuti di daerah seperti manajemen pengelolaan bencana.(Hs.Foto:Sof)

Related posts