Masuk Ke Ragunan Harus Menggunakan Jakcard

Ragunan merupakan tempat rekreasi yang banyak dikunjungi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Harganya yang tergolong murah menjadi alasan bagi mereka untuk berkunjung ke tempat wisata yang terletak di Jakarta Selatan ini.

Long weekend kemarin, tepatnya jum’at (30/3) dimanfaatkan penulis untuk berkunjung ke ragunan bersama keluarga dengan mengendarai sepeda motor beat tahun 2014. Setibanya di sana, sudah banyak orang yang mengantri. Dan ketika penulis mendapat giliran masuk, petugas loket menanyakan apakah sudah memiliki jakcard. Karena menurut petugas loket untuk masuk ke Ragunan pada saat ini harus menggunakan jakcard.

Kaget mendengar hal ini, pasalnya penggunaan jakcard untuk masuk ke ragunan tidak disosialisasikan terlebih dahulu oleh pihak pengelola, sehingga banyak orang termasuk penulis tidak mengetahuinya. Kadung sudah berada di Ragunan, penulis pun membeli jakcard seharga Rp.30.000,-.

Usai menaruh sepeda motor di parkiran pintu utara, perjalanan pun dilanjutkan. Penulis melihat banyak sekali orang yang antri di depan loket untuk mengisi saldo jakcard. Ketika akan mengantri, salah seorang pengunjung bernama Bowo memberi tahu untuk tidak perlu mengantri,dikarenakan isi saldonya masih banyak lantaran baru saja membeli jakcard.

 Jakcard sendiri terbilang cukup menarik, lantaran satu kartu bisa digunakan beberapa orang.

Keunikan jakcard inilah yang mendorong penulis untuk menemui salah seorang petugas yang menjaga pintu masuk untuk menanyakan perihal ini. Oleh petugas diantarkan ke ruangan humas untuk bertemu Wahyudi Bambang yang bertindak sebagai Humas Taman Margasatwa Ragunan (TMR).  Menurut Wahyudi, jakcard sudah diperkenalkan sejak 2016 lalu. Jakcard sendiri menurutnya sudah disosialisasikan kepada masyarakat. Namun dirinya tidak mengetahui secara pasti kenapa banyak masyarakat yang tidak mengetahui tentang jakcard.

“ Banyak sekali kegunaan yang didapatkan para pengguna Jakcard  seperti pembelian tiket masuk TMR, parkir kendaraan bermotor, masuk wahana satwa, outbond, kantin resmi di TMR dan lain-lain,” ujar Wahyudi.

Untuk mendapatkan jakcard, Wahyudi mengatakan masyarakat bisa mendatangi Bank DKI atau membelinya di loket-loket yang berada di TMR.(HS)

Related posts

Leave a Comment