Memacu Investasi dan Infrastruktur

Guna memacu investasi dan infrastruktur untuk pertumbuhan dan pemerataan,Kementerian PPN/Bappenas menggelar musyawarah perencanaan pembangunan nasional (Musrembangnas) 2017 di Hotel Bidakara,Jakarta (26/4) Musrembangnas digelar untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2018.

Dalam rancangan RKP 2018, pertumbuhan ekonomi 2018 diharapkan dapat mencapai kisaran 5,4-6,1 persen atau pada titik 5,6 persen. Untuk mencapai target tersebut, pemerintah baik pusat maupun daerah akan memfokuskan diri pada enam sektor utama yang memiliki sumbangan besar bagi pertumbuhan ekonomi seperti industri pengolahan terutama non migas,pertanian, perdagangan,informasi,komunikasi, kontruksi, pariwisata serta jasa keuangan.

Selain membahas tentang RKP, dalam musrembangnas diadakan juga pemberian anugerah Pangripta Nusantara 2017. Untuk Anugerah Pangripta Nusantara 2017 kategori Provinsi diraih oleh DI Yogyakarta (1) DKI Jakarta (2) Sumatera Selatan (3). Kategori Kabupaten diraih; Kabupaten Tabanan, Kabupaten Ende, Kabupaten Sigi. Untuk kategori kota dengan perencanaan terbaik diraih oleh; Kota Batu,Kota Pekalongan, Kota Tanjung Pinang. Untuk Kategori Provinsi dengan inovasi terbaik dalam perencanaan diraih oleh DKI Jakarta. Untuk Kabupaten/Kota dengan inovasi terbaik dalam perencanaan diperoleh Kabupaten Muara Enim dan terakhir kategori Provinsi dengan peningkatan tertinggi Kualitas perencanaan diraih Provinsi Sulawesi Tengah.

Acara sendiri dibuka oleh Presiden RI Jokowi dan dihadiri oleh menteri, Gubernur,Bupati,Walikota serta sejumlah tamu undangan.(hs)

Related posts

Leave a Comment