Mendorong Akselerasi Pembangunan Infrastruktur Indonesia’

Dalam rangka merayakan hari ulang tahunnya (Hut) yang ke-8, PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) menggelar diskusi panel bertajuk ‘ mendorong akselerasi pembangunan infrastruktur Indonesia’. Acara yang digelar di Pasific Place Hotel Ritz Carlton Jakarta menghadirkan pembicara Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Sahrul Yasin Limpo serta Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie.

Sebagai salah satu pembicara, Gubernur Kaltara Irianto Lambrie menyampaikan kondisi dan potensi yang dimiliki Provinsi Kaltara. Di antaranya potensi Migas (Minyak dan Gas), pertanian serta sumber energi berupa aliran sungai yang menghasilkan 20.000 Megawatt (MW) daya listrik.  

Irianto juga mengatakan, sebagai provinsi bungsu di Indonesia, Kaltara dituntut untuk mengejar ketertinggalan. Oleh karenanya berbagai upaya dan inovasi terus dilakukan, salah satunya melakukan kerja sama dengan PT SMI.

“ Kaltara juga menjadi salah satu ‘pasien’ SMI. Di mana, tahun ini mendapatkan pinjaman dana senilai Rp 350 miliar untuk membangun rumah sakit di Tanjung Selor, ibukota Provinsi Kaltara,” ungkap Irianto.

Beliau juga menyampaikan rencana pengembangan Bandara (Bandar Udara) di Kaltara, di antaranya revitalisasi bandara, yakni Bandara Juwata Tarakan, Bandara Tanjung Harapan di Tanjung Selor dan Nunukan yang secepatnya akan digarap.

Menhub RI, Budi Karya Sumadi memberikan sambutan positif dengan rencana Gubernur Kaltara.

Kepada awak media yang meliput,  Menhub Budi Karya mengatakan, “Kaltara, merupakan provinsi muda yang memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Untuk itulah rencana revitalisasi bandara yang juga atas arahan Presiden Jokowi (Joko Widodo) pada saat rapat terbatas (Ratas) bersama  Gubernur Kaltara dan Menteri-Menteri lainnya pada selasa (21/3) akan kami dukung.”

Budi juga mengatakan akan terus berupaya mengalokasikan pendanaan APBN Kemenhub untuk usulan yang disampaikan Gubernur Kaltara dalam Ratas dan juga pertemuan dengan dirinya di Kantor Kemenhub beberapa waktu yang lalu. (GP)

Related posts

Leave a Comment