Menjaga Kebhinekaan dan Membangun Solidaritas di Indonesia

Mulai 30 Juli hingga 6 Agustus, orang muda katolik dari seluruh Asia berkumpul di Indonesia dalam acara Asian Youth Day (AYD).

Asian Youth Day adalah perayaan bersama bagi kaum muda seluruh Asia. Acara ini diadakan untuk proses refleksi awal atas kesadaran diri sebagai kaum muda yang tumbuh di situasi masyarakat dengan berbagai macam tantangan, dan sebagai langkah berkesinambungan serta sarana untuk berbagi pengalaman, budaya maupun perayaan atas keberagaman.  

Asian Youth Day menampilkan beragam acara, salah satunya adalah Day in Diocese (DID) yang diadakan mulai 29 juli hingga 1 Agustus. Dalam kegiatan DID, para peserta yang berasal dari 11 keuskupan (Bogor, Bandung,Purwokerto, Denpasar, Malang, Surabaya, Palembang, Semarang, Pontianak, Makasar dan Jakarta) tinggal dirumah orang tua asuh yang ditunjuk oleh keuskupan. Selama berada di sana, para peserta bisa saling berkenalan, saling berinteraksi, saling mengenal budaya dan karakter masyarakat satu sama lain, berbagi pengalaman, hidup bersama secara damai tanpa membedakan suku, agama, ras maupun kebudayaan yang berbeda-beda.

Tidak hanya melakukan kegiatan bersama orang tua angkatnya, para peserta AYD juga akan bertemu dan melakukan kegiatan bersama OMK di dekenat dalam acara malam keakraban. Dalam kesempatan tersebut, paroki di dekenat akan mempersembahkan penampilan untuk menyambut dan menghibur para peserta AYD. Keesokan harinya, peserta AYD diberi kesempatan untuk belajar mengenai keragaman budaya Indonesia dengan berkunjung ke Dekenat Bekasi, Dekenat Selatan dan Taman Mini Indonesia Indah. Selain itu peserta juga diajak ke Istiqlal dan tempat-tempat lainnya.(Hs)    

 

Related posts

Leave a Comment