Menko Maritim luhut Binsar Pandjaitan: Geopark Bisa Mendatangkan Turis

Bappenas, Gpriority-Kamis (12/7) Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan hadir dalam acara Konferensi Nasional 1Geopark Indonesia di Gedung Saleh Afif,Bappenas,Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya Luhut mengatakan penghasil devisa paling besar adalah turis dan bisa mengalahkan energy dan sumber daya yang selama ini menempati urutan pertama sebagai penghasil devisa terbesar.

Luhut juga memberikan apresiasi atas team work Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang dinilainya cukup baik dalam menangani pariwisata di Indonesia.

“Tidak hanya wisata alam, pantai, kuliner dan bawah laut, geopark yang ada di daerah Indonesia pun turut ditangani oleh Kemenpar.Buktinya sudah ada empat geopark yang mendapat pengakuan Unesco,” Ucap Luhut.

Dengan adanya pengakuan Unesco ini,Luhut melihat geopark bisa menjadi tempat wisata menarik bagi wisman dan wisnus.

“Dengan demikian akan banyak geopark lainnya yang dijadikan tempat wisata oleh pemerintah daerah sehingga target 80 geopark yang diakui nasional pada 2025 bisa tercapai,”Kata luhut.

Untuk menarik turis, Luhut meminta kepada pemerintah daerah yang memiliki geopark untuk mensosialisaikanmengenai keindahan geopark. “Dengan adanya sosialisi dan promosi turis akan datang.Hadirnya turis akan membuka lapangan pekerjaan baru. Untuk Itulah kita harus bersatu padu,” tutur Luhut.

Geopark menurut Luhut tidak perlu menggunakan APBN tetapi bisa menggunakan pendanaan dari swasta sehingga hutang Indonesia tidak terlalu banyak.

Di akhir sambutannya Luhut berharap pelaksanaan konfrensi nasional geopark 1 bisa semakin memajukan Indonesia dan meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia.(Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment