Menpar Arief Yahya Kawal Pemulihan Pariwisata NTB

Lombok.Gpriority-Pasca gempa bumi, Nusa Tenggara Barat (NTB) dipersiapkan kembali untuk bangkit dalam sektor pariwisatanya oleh Kementerian Pariwisata.

Ketika berkunjung ke Lombok Utara pada Minggu (16/9), Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, masyarakat NTB tidak sendiri dalam membenahi sektor pariwisata. Kami pemerintah, terus bersama kalian. “Saya berjanji setiap bulan akan berkunjung ke NTB memastikan recovery pariwisata on the track. Saya berharap masyarakat akan segera dapat tersenyum kembali,” kata Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief juga mengajak para pelaku industri untuk bersama-sama menginventarisasi dampak gempa terhadap amenitas pariwisata. Nantinya setelah terdata, Kemenpar akan menginformasikan ke publik jumlah real amenitas di NTB yang tidak terdampak dan siap untuk menerima wisatawan. 

“Saat terjadi bencana, tugas kita memberikan informasi ke publik dengan akurat. Untuk menyatakan aman tidak mudah. Kemenpar mencatat ada 70% amenitas di NTB yang aman untuk dikunjungi dan ditempati,” ujar Menpar Arief Yahya. 

Setelah diinformasikan, lanjut Menpar Arief Yahya, Kemenpar sendiri yang berjanji setiap kegiatan di lingkungan Kementerian diprioritaskan untuk diselenggarakan di Lombok. 

“Semua akan diadakan di sini untuk meyakinkan wisatawan jika NTB telah siap. Bantu saya untuk menginventarisasi. Bahwa hotel-hotel ini sudah dan bisa dikunjungi. Serta melakukan pemulihan hidup normal dalam keadaan normal kembali,” ujar Menpar Arief Yahya.

Kemenpar dalam hal ini akan menjadi pionir dalam melakukan kegiatan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) di Mataram. Setelah itu Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian juga melakukan kegiatan serupa. Goal-nya meyakinkan wisatawan bahwa tidak semua wilayah NTB terdampak bencana. 

“Saya ingin NTB harus Bangkit. Bali itu recovery 6 bulan. Saya harapkan November selesai dan Januari 100% NTB Bangkit,” ujar Menpar Arief Yahya. (Hs)

 

 

Related posts

Leave a Comment