Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang: Infrastruktur Mendukung Perekonomian

Dalam sambutannya pada acara Musrembang Kalimantan di Hotel Pullman Central Park Jakarta Barat, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro mengatakan, dengan wilayah yang begitu luas hanya ada 1 cara agar ekonomi bisa optimal yakni harus membangun infrastruktur.

“Perekonomian hanya bisa berkembang kalau konektivitas memadai dan ini yanh akan dipenuhi di Kalimantan agar perkonomjan bisa meningkat,” ucap Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang.

Untuk itulah Bambang meminta pemerintah terus mengenjot pembangunan perbatasan dan daerah tertinggal, dengan membangun tol udara dan angkutan laut serta angkutan perintis penyebrangan, dan jalan perbatasan.

Untuk memperkuat tol laut, Bambang menjelaskan harus ada pembangunan jalan. Ketika memiliki pelabuhan perlu dilengkapi dengan infrastruktur pendukung. Listrik juga harus sesuai untuk melayani bongkar muat. Memastikan agar pelabuhan yang dibangun didukung oleh konektivitas infrastruktur pendukung. Agar tidak menghambat arus barang. “Biar infrastruktur jangan berorientasi proyek karena akan terjadi rawan korupsi,” ucap Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang.

“Karenanya perencanaan berbasis wilayah proyek akan terbangun optimal,karena memiliki fungsi yang semestinya. Ada 3 pendekatan, pariwisata,industri dan kawasan ekonomi khusus. Jadi manfaatkan semua perkembangan kawasan untuk pembangunan infrastruktur,” tambahnya.

Pengembangangan pertanian juga harus didukung dengan pembangunan yang memadai seperti waduk dan irigasi. ” Jadi intinya Infrastruktur sebagai alat untuk pengembangan wilayah di Kalimantan harus diprioritaskan,” tutur Bambang.

Bambang juga mengatakan, perbatasan kalau dikelola dengan baik oleh Kalimantan akan menghasilkan ekonomi yang baik bagi Kalimantan. Apalagi Kalimantan terkenal dengan SDa,maka harus didorong pengembangannya.caranya dengan melakukan kerjasama ekonomi dengan pemerintah-pemerintah daerah setempat dan dengan pelaku industri. Dengan pembangunan infrastruktur di Kalimantan bisa menarik investor.

Pembangunan bandara baru di Samarinda dan jalan tol Balikpapan dan Samarinda, sehingga jarak Balikpapan dan Samarinda bisa semakin dekat. Dengan adanya bandara dan tol bisa meningkatkan konektivitas di Kalimantan.

“Tanggal 30 april diharapkan untuk hadir dalam musrembang nasional guna melakukan sinkronisasi antara pemerintah daerah dan pusat,” tutupnya.(Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment