Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S.Brodjonegoro KPBU dan PINA Sebagai Solusi Gap Pembiayaan Infrastruktur di Indonesia

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S.Brodjonegoro Annual Invesment Meeting (AMI) yang diadakan di Dubai World Trade Centre pada 9-10 April 2018.

Dalam acara yang mengangkat tema “Linking Developed and Energing Market Through FDI:Partnership For Inclusive Growth And Sustainable Development” Menteri PPN/Kepala Bappenas yang ditunjuk sebagai pembicara mengatakan, Indonesia merupakan pangsa pasar ekonomi yang sangat potensial. Hal ini bisa dilihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menempatkan Indonesia pada urutan 15 ekonomi dunia dan urutan 4 dalam perkembangan infrastruktur berdasarkan data PWC.

Menurut Bambang, peringkat tersebut tidak terlepas dari upaya pemerintah mengembangkan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) serta Pembiayaan Infrastruktur Non Anggaran Pemerintah (PINA). KPBU dan PINA dijelaskan Bambang, merupakan alternatif pembiayaan dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Bambang mengatakan saat ini sudah ada 19 sektor yang dapat dikerjasamakan Pemerintah melalui skema KPBU dan PINA.

Diakhir pembicaraan, Bambang berharap skema KPBU dan PINA, gap pembiayaan infrastruktur Indonesia bisa teratasi.(Hs)

Related posts

Leave a Comment