Merawat Perdamaian

Jakarta, Gpriority-Maluku pernah mengalami konflik nasional namun kini bisa damai kembali melalui resolusi konflik. Alasan inilah yang membuat Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Sekjenwantanamas) mengangkat tema “Merawat Perdamaian dengan Belajar dari Resolusi Konflik dan Damai di Maluku dan Maluku Utara untuk Indonesia yang Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur” dalam acara Sarasehan Nasional yang berlangsung di J.S Luwansa,Kuningan selama dua hari (10-11 Juli).

Dalam jumpa pers yang digelar di sela-sela acara, Karo Humas Persidangan Sekjenwantanas Bridjen TNI Isak Markus, sarasehan sendiri merupakan pertemuan yang diadakan untuk mendengarkan pendapat atau saran dari seorang ahli/Pelaku peristiwa dalam bidang tertentu untuk memecahkan atau menuntaskan suatu masalah yang terjadi.

Selain itu, Saresehan Nasional ini juga bertujuan mendiseminasikan proses Resolusi Konflik dan Damai di Maluku dan Maluku utara untuk menjadi pembelajaran pada Provinsi lain di Indonesia, bahkan di dunia internasional.

Sesjen Wantannas Letjen TNI Doni Monardo mengatakan, sarasehan ini bukanlah membuka luka lama, namun menjadi pembelajaran bagi kita bahwa Maluku setelah berdamai bisa menjadi pusat investasi terbaik bagi budidaya perikanan.

Sarasehan nasional yang dihadiri 500 undangan diawali dengan keynote speeker oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Menurut JK,konflik di Maluku setelah dilakukan pengusutan bukanlah masalah agama melainkan masalah ekonomi dan politik. JK juga menyambut baik upaya perdamaian yang dilakukan Maluku melalui resolusi konflik pada masa itu. Karena resolusi konflik ini bisa membuat Maluku menjadi damai dan maju hingga saat ini.

Menkopulhukam Jenderal TNI (purn) Wiranto mengatakan apa yang diseminarkan dapat dijadikan sebagai model yang dapat diterapkan di daerah lain sebagai referensi, karena bisa menjadi pembelajaran bersama mengenai pentingnya rasa saling menghargai, mengingat Indonesia merupakan negeri yang memiliki suku bangsa terbanyak di Indonesia. (Hs. Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment