OPTIMIS, KUTAI TIMUR HADIRI EVALUASI PROGRAM SMART CITY

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan penilaian terkait pelaksanaan Smart City se- Indonesia yang diikuti oleh 75 kota maupun kabupaten seluruh Indonesia yang sudah masuk kategori Smart City pada tahun 2017 dan 2018.
Acara yang diadakan di Hotel Aston Banyuwangi berlangsung selama tiga hari (18-20 Juni 2019). Dalam acara tersebut, sebanyak 75 kota maupun kabupaten memberikan presentasi mengenai program Smart City yang dilaksanakan dan para eveluatornya terdiri dari pakar dan akademisi Smart City.
Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang masuk dalam kategori Smart City turut pula memberikan presentasi. Presentasi sendiri dipimpin oleh Kepala Diskominfo Perstik Kutim Ir. Suprihanto,ces, Plt Kepala Dinas Pendidikan, Badan Perwakilan Daerah (BAPPEDA) serta Kabid Infrastruktur Diskominfo Perstik.

Ir.Suprihanto,ces yang menjadi pembicara memberikan paparan terkait masterplan Smart City dan 5 quickwin yang sudah dan yang akan dijalankan. Evaluasi yang diberikan salah satunya adalah bidang ekonomi , sehingga bisa memberikan memberikan dampak yang sebanding dengan pembangunan di Kutai Timur.
“Contohnya seperti batubara yang harus ditranformasikan ke agrobisnis, agar dampak ekploitasi sumber daya alam harus juga bisa menumbuhkan perekonomian yang bisa dirasakan masyarakat,” ucap Suprihanto.

Program Folder friendly juga menjadi perhatian karena memberikan karakteristrik tersendiri, dimana dalam satu program ini terdapat elemen smart branding, smart economy, smart living, smart enviroment, “Jadi nanti ada satu titik di tengah kota dimana masyarakat bisa menikmati fasilitas seperti olahraga, akses free wifi , UMKM dan masih banyak lainnya yang bisa diakses di satu folder tersebut,” tambah Suprihanto.
Dengan hadirnya program yang telah disebutkan di atas, Suprihanto optimis di bulan Oktober mendatang perekonomian Kutim bisa semakin meningkat dan tentunya mampu memberikan peningkatan juga terhadap program lima quickwin yang sudah dijalankan.(So)

Related posts

Leave a Comment