Optimisme untuk Kontingen Kaltara di Pesparawi Nasional XII

Beberapa tahun terakhir, Indonesia sempat diterpa berbagai isu SARA. Namun, di luar itu, keharmonisan dalam beragama dan bersosialisasi nyatanya masih tetap berjalan baik. Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XII tahun 2018 menjadi salah satu ajang di tingkat nasional yang diharapkan mampu mempererat keharmonisan bangsa.

Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Marten Sablon menyatakan harapannya untuk para perwakilan kontingen dari Provinsi Kaltara yang akan mengikuti Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XII tahun 2018, Selasa (24/7). Seperti diketahui, ajang ini merupakan pengalaman pertama bagi Kontingen Kaltara dalam sekala nasional. Walau begitu, Marten sangat optimis bahwa Kontingen Kaltara mampu bersaing dengan para kontingen yang berasal dari provinsi lainnya.

Bertempat di Ruang Kerja Gubernur Kaltara, Marten bersama para anggota DPRD Kaltara bertemu dengan para perwakilan kontingen Kaltara yang akan mengikuti Pesparawi Nasional XII tahun 2018. Dipimpin oleh Anggota DPRD Provinsi Kaltara Norhayati Andris, acara pertemuan tersebut sekaligus merupakan acara pelepasan yang dilakukan secara resmi untuk para kontingen Kaltara.

Dilansir dari situs resmi Pesparawi Nasional XII, kegiatan pokok dalam ajang tersebut terdiri dari ibadah dan acara pembukaan, perlombaan/festival, seminar dan loka karya, musyawarah nasional (Munas), serta penutupan. Pesparawi nasional XII tahun 2018 tersebut dimulai dengan rangkaian pembukaan pameran pada 28 Juli dan dilanjutkan dengan karnaval di Kota Pontianak pada 29 Juli. Sedangkan untuk kegiatan utama, yaitu perlombaan, dimulai dari 31 Juli hingga 2 Agustus 2018. Perlombaan tersebut dilaksanakan di enam lokasi berbeda.

Pesparawi Nasional XII telah resmi dibuka pada Senin (30/7) malam. Berlangsung secara meriah, pembukaan diawali dengan defile kontingen dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Pembukaan tersebut menampilkan tarian kolosal yang dibawakan oleh 700 penari.

Acara ini resmi dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo serta dihadiri pula oleh Menteri Agama Lukman Hakim dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Lukman Hakim berharap, kegiatan tersebut dapat berangsung sukses. Menurutnya, ajang ini juga dapat melekatkan nilai persaudaraan. Ia pun berharap, sebagai umat beragama yang telah terbangun imannya, umat kristiani diharapkan dapat terus membagun optimisme.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Pesparawi Nasional XII Karolin Margaret mengaku sangat berterima kasih atas kerjasama yang telah terjalin secara baik dari semua pihak demi menyukseskan acara tersebut. Dengan total peserta yang mencapai 7.760 orang, pihak panitia Pesparawi Nasional XII berusaha secara maksimal untuk memberikan yang terbaik kepada seluruh peserta dan kontingen yang ada. (adv)

Related posts

Leave a Comment