Pameran Warisan Siap digelar

Wasiat Agung Negeri Nusantara (Warisan) merupakan sebuah pameran eksklusif yang diadakan oleh PT Mediatama Binakreasi . Tujuannya untuk menjaga seni dan budaya bangsa serta sebagai apresiasi kepada pembatik, penenun, pemerhati, pengrajin, pengusaha batik, tenun dan mutiara.

Pameran yang akan digelar kedua kalinya ini mengangkat tema “ Citra Bahtera Nusantara”.  Dan akan diikuti oleh 126 stand yang terdiri dari Batik, Tenun dan Mutiara yang berkelas, bergaransi serta dijamin keasliannya.

“Batik yang akan ditampilkan hanyalah batik dari hasil penggunaan malam panas 100% dengan aplikasi Batik Tulis, Batik Cap atau Batik Kombinasi (Tulis dan Cap). Menghadirkan pula hasil karya Tenun NTT yang terkenal serta Tenun songket yang mewah dari Palembang. Tidak lupa juga Mutiara Air Laut Indonesia yang akan dihadirkan pada pameran ini yang asli dan tersertifikasi,” ucap Umi Noor Wijiati, Direktur PT Mediatama Binakreasi.

Lebih lanjut dikatakan oleh Umi Noor, pameran ini bukan sekadar pameran produk seni dan kerajinan semata, ada yang membedakannya, yakni produk yang dipamerkan harus melalui proses kurasi yang timnya terdiri dari pakar-pakar dibidangnya yaitu Dudung Alie Syahbana (Kurator Batik), Komarudin Kudiya (Kurator Batik), Romi Okta Birawa (Kurator Batik), Koestriastuti (Kurator Tenun), dan Ratna Zhuhry (Kurator Mutiara).

Untuk penyelenggarannya, Umi Noor mengatakan akan diselengarakan pada 23-26 November 2017 di Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta. Sepanjang pameran, pengunjung juga dapat menambah pengetahun tentang batik, mutiara dan tenun melalui beberapa talkshow, serta menikmati pertunjukan musik tradisional, games tebak Bahtera berhadiah tiket perjalanan ke Lombok bersama Batik Air serta penghargaan Warisan Award.

Acara sendiri, dikatakan oleh Umi Noor mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) dan juga Yayasan Batik Indonesia (YBI), Cita Tenun Indonesia (CTI), Aosisasi Budidaya Mutiara Indonesia,  Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI), dan Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI). (HS)

 

 

 

Related posts

Leave a Comment