PAREPARE TERIMA PENGHARGAAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH

Baru-baru ini Wali Kota Pare Pare Taufan Pawe menerima penghargaan atas terpilihnya Kota Pare Pare Provinsi Sulawesi Tengah sebagai  daerah dengan rating tertinggi indeks transparansi keuangan. Penghargaan tersebut merupakan prestasi dari hasil tindak lanjut opini WTP dari BPK terhadap kota Pare Pare. 

Penghargaan tersebut diberikan langsung disela seminar nasional dengan tema utama “Pengelolaan Keuangan Daerah; dari WTP Menuju Pengelolaan Keuangan yang Sehat dan Transparan”. Acara digelar di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Adapun proses penilaian untuk meraih penghargaan transparansi pengelolaan keuangan daerah dibagi dalam 3 tahapan penilaian. Masing-masing tahap perencanaan (10 kriteria penilaian), pelaksanaan (9 kriteria) dan pertanggungjawaban (10 kriteria). 

Dalam acara tersebut hadir Mendagri Tjahjo Kumolo sebagai keynote speaker, memberikan pemaparan tentang “Kebijakan Pengelolaan Keuangan Daerah” dari perspektif Kemendagri.

Kemudian dalam diskusi  panel hadir dari  UGM, BPK, BPKP dan Kemenkeu membahas tema tema utama seminar. Selanjutnya, pada sesi terakhir UGM  memaparkan “Metodologi Pengukuran Indeks Transparansi dan Kondisi Keuangan”. ###

Related posts

Leave a Comment