Pelantikan Jokowi dan Ma’ruf Amin Berjalan Lancar

Jakarta,Gpriority-Minggu (20/10) merupakan moment yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pasalnya di hari tersebut, Joko Widodo (Jokowi) dan KH,Ma’ruf Amin resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024.

Sejak pagi hari masyarakat Indonesia memadati monas hingga patung kuda. Tujuannya untuk melepas kepergian Jokowi ke Gedung MPR, Senayan, Jakarta Pusat untuk pelantikan. Mereka pun sabar menanti. Tepat pukul 13.40 WIB, Jokowi bersama keluarga keluar menuju istana. Masyarakat pun menyambutnya dengan sangat riuh. Jokowi pun turun sejenak dari mobil untuk menyapa mereka. Setelah itu Jokowi melanjutkan perjalanan menuju istana.

Tepat pukul 14.00 WIB lewat, Jokowi tiba di gedung MPR.  Beliau pun segera menuju tempat pelantikan yang terletak di Gedung Nusantara, karena acara pelantikan akan segera dimulai.

Pelantikan sendiri di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). Selanjutnya Bamsoet membuka sidang  paripurna dengan pidato dan pembacaan Keputusan KPU RI Nomor 1185/PL.01.9_KPT/06/KPU/VI/2019.

Setelah itu Jokowi diambil sumpah jabatan sebagai Presiden periode 2019-2024. “Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” ujar Jokowi.

Dan dilanjutkan Ma’ruf Amin yang membacakan sumpah jabatan. “Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” ucap Ma’ruf.

Tidak lama kemudian, Jokowi dan Ma’ruf Amin menandatangani berita acara pelantikan. Penandatanganan itu disaksikan 10 pimpinan MPR. Berikutnya, giliran Ketua MPR Bambang Soesatyo yang menandatangani berita acara pelantikan. Tidak hanya ketua, sembilan wakil ketua MPR pun menandatangani berita acara pelantikan.

Nampak hadir dalam acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin, Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang merupakan pesaing mereka dalam Pilpres 2019 serta Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono. (Hs)

 

Related posts