Pembangunan Infrastruktur untuk Indonesia 30 tahun kedepan

Indonesia dalam hal ini Kementerian Bappenas sedang  giat-giatnya membangun infrastruktur yang melibatkan  BUMN dan perusahaan Swasta. Dengan pendekatan progresif yang dilakukan pemerintah, diharapkan Indonesia bisa menjadi negara maju dengan cepat.

Infrastruktur adalah salah satu lahan investasi yang potensial di Indonesia. Untuk itulah harus segera dibenahi. Jika tidak segera dibenahi, bisa menjadi faktor penghambat bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang semakin baik.

Menteri PPN/ Kepala Bapennas Bambang Brodjonegoro dalam acara PINA DAY 2018 di Kempinski Grand Ballroom Grand Indonesia West Mall (18/1) mengatakan, Kenapa bangun infrastruktur harus sekarang? Karena Pemerintah peduli akan masa depan indonesia. Pemerintah berpikir kalau Indonesia ingin menjadi negara maju di tahun 2045, infrastrukturnya harus dibangun dari sekarang.

“ Jika kita terlambat membangun infrastruktur, kita telah menyia-nyiakan potensi ekonomi di negara Indonesia,” ucap Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Bambang juga mengatakan bahwa Kementerian PPN/ Bapennas sudah mengajak BUMN dan Perusahaan Swasta untuk mendukung proyek infrastruktur di Indonesia. “Berkat Peran Pembiayaan Investasi Non-Anggaran Pemerintah (PINA) proyek pembangunan infrastruktur berjalan lancar hingga saat ini,” ucap Bambang.

Beliau pun memberikan contoh bukti kesuksesan PINA dalam pembangunan infrastruktur, yang pertama PT PP Energi dalam Pengembangan PLTU Barubara di Meulaboh, Aceh dengan nilai proyek IDR 7,5 Triliun. Yang kedua PT Waskita Toll Road dalam Pengembangan jalan Tol trans-Jawa dan Non Trans Jawa dengan nilai proyek IDR 135 Triliun.

“Pencapaian jumlah proyek dalam Pipeline PINA per Desember 2017 adalah 34 Proyek Infrastruktur yang terdiversifikasi dalam 4 sektor yaitu Proyek Jalan Tol, Proyek Penerbangan, Proyek Pembangkit dan Transmisi Listrik dan Proyek Pariwisata dengan total nilai sebesar IDR 348,2 Triliun,”tutup Bambang.(Syifa.Foto:Syifa.Humas KemenPPN/Bappenas)

Related posts

Leave a Comment