Percepatan Pembangunan Desa Demi Kesejahteraan Masyarakat

Dalam rangka percepatan pembangunan dan pemberdayaan  masyarakat desa sesuai amanat UU no 6 tahun 2014, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi Republik Indonesia (RI) pada kamis (2/3) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Grand Sahid Hotel.

Rakornas yang mengambil tema mengenai ‘Percepatan Pelaksanaan Program Pembangunan Desa Tahun 2017’ dihadiri sejumlah pejabat daerah termasuk Wakil Bupati Gunung Mas (Gumas) Rony Karlos S.Sos. Rony Karlos hadir bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Gumas Yulius Agau.

Berbagai materi dibahas pada Rakornas ini. Diantaranya adalah Pemanfaatan Dana Desa (DD), Kebijakan Pembangunan embung untuk meningkatkan produktifitas pertanian, Kebijakan pembangunan sarana prasarana olahraga di Desa, strategi percepatan pengembangan produk unggulan desa/kawasan perdesaan melalui pembentukan holding mitra Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

Selain itu, Rakornas membahas pula tentang sosialisasi kebijakan prioritas penggunaan DD dan Pendirian, Pengurusan, Pengelolaan, Pembubaran BUMDes dan BUMDes Bersama, sosialisasi rencana aksi pembangunan embung, serta sosialisasi pembentukan holding BUMDes.

Seusai acara Rony mengatakan bahwa Rakornas ini sangat bagus karena bertujuan untuk membangun kesepahaman dan sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam rangka percepatan pembangunan desa, demi kesejahteraan masyarakat. (HS)

Related posts

Leave a Comment