Perkaya Pengalaman Masyarakat Melalui Pameran Seni Rupa Koleksi Istana Kepresidenan

Jakarta,Gpriority-Agustus 2018 ada dua hajatan yang digelar Pemerintah Indonesia. Yang pertama Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 dan Pameran Seni Rupa Koleksi Istana Kepresiden. Jika Asian Games merupakan perhelatan olahraga, pameran seni rupa koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia yang diselenggarakan tahun ini menjadi perhelatan olah rasa yang diharapkan dapat memperkaya pengalaman masyarakat Indonesia maupun tamu yang hadir di Jakarta pada bulan Agustus ini.

Usaha keras, kerjasama dan kooperasi yang baik, persaingan yang sehat dan sportivitas merupakan pokok-pokok utama dalam perhelatan olahraga. Pokok-pokok itu menginspirasi tema “semangat” untuk pameran tahun ini. Lukisan-lukisan terpenting suatu negara seringkali menggambarkan kisah-kisah perjuangan yang mengekspresikan semangat bangsa itu. Namun tentunya bukan lukisan-lukisan bertemakan kepahlawanan saja yang bisa menunjukkan semangat sebuah bangsa. Semangat perjuangan dapat juga diekspresikan melalui metafora, mitologi, legenda, bahkan fabel. Selain itu, semangat bangsa juga tidak terbatas pada aspek perjuangan saja. Banyak semangat-semangat lain yang pada masa ini yang sangat penting untuk dimiliki demi majunya sebuah bangsa dan negara.

Dikemas dalam tiga bagian: Perjuangan Bangsa Yang Bersatu dalam Keragaman, Bergotong-royong, Bersama Mencipta-karya, dan Menjadi Warga Dunia Menyongsong Masa Depan, pameran ini menampilkan 45 karya seni buah tangan 34 perupa. Karya-karya seni yang merupakan koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia ini merupakan cerminan suatu negara dengan semangat perjuangan, semangat kemerdekaan, semangat keragaman, dan semangat gotong royong. Semangat mendunia ini melampaui nasionalisme yang patriotik dan sempit karena menjunjung tinggi kemanusiaan, menyeluruh dan maju, serta memandang ke masa depan yang damai dan cerah. Itulah semangat-semangat Indonesia; Indonesia adalah semangat dunia. (Hs. Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment