Pesona Pariwisata Gorontalo 2018

Pada Rabu malam (25/4) Provinsi Gorontalo melaunching Pesona Pariwisata Gorontalo 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Kemenpar, Jakarta Pusat.

Nampak hadir dalam acara tersebut Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Gubernur Gorontalo H.Rusli Habibie, Wakil Gubernur Idris Rahim, Ketua Pelaksana Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia Esthy Reko Astuti dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Nancy Lahay.

Dalam sambutannya Menpar Arief Yahya mengatakan bahwa dirinya memberikan apresiasi kepada Provinsi Gorontalo karena mampu meluncurkan 17 even unggulan yang dua diantaranya; Gorontalo Karnaval Karawo dan Festival Danau Limboto masuk ke dalam CoE Wonderful Indonesia 2018.

Menpar Arief Yahya menjelaskan Festival Gorontalo Karnaval Karawo pada tahun lalu mampu menarik perhatian dunia fashion internasional, untuk itulah Menpar Arief Yahya percaya bahwa festival ini dan 16 festival lainnya mampu menarik wisatawan lokal maupun asing.

Gubernur Gorontalo H.Rusli Habibie mengatakan, penyelenggaraan 17 even unggulan Gorontalo untuk mengangkat pariwisata Gorontalo, mengangkat seni dan budaya
sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Untuk tahun 2016, wisatawan yang berkunjung ke Gorontalo berjumlah 572.317,sedangkan untuk tahun 2017 meningkat menjadi 785.969 dan untuk tahun ini bisa meningkat lagi,” ucap H.Rusli Habibie.

H.Rusli Habibie juga mengatakan selain dua even yang masuk 100 CoE dan telah disebutkan di atas. Ada 15 even lagi yang diselenggarakan oleh provinsi Gorontalo seperti Festival Pesona Bahari Pohon Cinta di Pantai Pohon Cinta (2-6 Mei), Festival Kirab Nusantara di Gorontalo (5 Mei),Festival Bedug Takbiran di Gorontalo (7 Juni), Festival Tumbilothe di Gorontalo (10 Juni), Gebyar Ketupat di Gorontalo (23 Juni), Lomba Karapan Sapi,Kuda Gerobak dan Pacuan Kuda di Lapangan Golf Yosonegoro (23 Juni), Festival Pesona Otanaha di Lapangan Taruna Remaja dan Benteng Otanaha(4-7 Juli), Festival Jaton di Kota Gorontalo (4 Juli), Pinogu Adventure di Hutan TNBNW (12-15 Juli), Festival Pesona Pulau Saronde di Kabupaten Gorontalo Utara (15-17 Juli), Gorontalo Karawo Run di Lapangan Taruna (23 September), Bone Bolango Explore (13 Oktober), Festival Pesona Boalemo di Pantai Bolihutuo (25-28 Oktober), Pemilihan Nou dan Uti Provinsi Gorontalo (14-16 November) serta Festival Boliyohuto di Pendopo Sidodadi dan Pendopo Bandung Rejo (31 Desember).

” Dengan hadirnya even tersebut, saya yakin jumlah wisatawan yang datang ke Gorontalo akan semakin banyak,tutup H.Rusli Habibie.(Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment