Pesona Wisata Budaya Tanah Fagogoru

Pesona Wisata Budaya Tanah Fagogoru merupakan tema yang diangkat dalam Festival Fagogoru 2018.

Bupati Halteng, Edi Langkara mengatakan Festival Fagogoru selain digelar untuk memperingati hari Ulang Tahun (HUT) Halteng yang ke-28, juga untuk melestarikan nilai budaya dan kearifal lokal serta menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) melalui bidang pariwisata.

“Kami sangat yakin dengan potensi alam dan budaya kita. Sektor pariwisata bisa kita jadikan unggulan di daerah kami. Kami punya semuanya di sini. Terima kasih kepada Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang telah memberikan dukungan dan perhatian kepada kami, selanjutnya kita akan fokus terus menambah atraksi, akses dan amenitas seperti amanat  pak Menteri Pariwisata,”kata Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara bersama wakil Bupati Rahim Odeyani  didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Halmahera Tengah Mohammad Adam di Malam Ramah Tamah Festival Fagogoru 2018 (31/11).

Bukti Pariwisata siap menjadi unggulan terlihat dari seriusnya Halteng dalam menggarap perhelatan  Festival Fagogoru 2018. Beraneka macam lomba seperti  Lomba Bakar Ikan, Lomba kuliner Khas Halteng, Lomba Mancing, dan Lomba Seni Budaya menghiasi Festival Fagogoru 2018.

Selain lomba, Pemkab Halteng juga menggelar kegiatan Fanten. Fanten  merupakan kegiatan kebudayaan 3 negeri Fagogoru, yaitu Maba (Halmahera Timur) Patani dan Weda (Halmahera Tengah) yang menjadi satu dalam rangkaian acara ini mengikuti hari lahir Nabi Besar Muhammad SAW. Acara puncak Festival Fagogoru 2018 pun berlangsung meriah dengan hadirnya Artis ternama.

Rangkaian-rangkaian acara tersebut mampu membuat Halteng dipadati ribuan manusia dalam setiap harinya.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan acara ini.Menurut beliau, hadirnya acara ini menjadi bukti keseriusan Pemkab Halteng dalam menggarap sektor pariwisata. Menpar berharap agar semangat memajukan pariwisata di Halteng tetap terpatri di dada bupati dan wakil bupati, sehingga value daerah bisa bertambah meningkat.(Hs)

Related posts

Leave a Comment