Pesona Wisata Halmahera Barat Hadir di FTJ 2017

Setiap tahunnya Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat menggelar Festival Teluk Jailolo guna mempromosikan pariwisata di daerah yang terletak di Maluku Utara.

Tahun ini kembali saya dikirim kantor untuk meliput FTJ 2017 yang berlangsung  8-13 Mei. Ini berarti saya kembali bertugas di Halmahera Barat (Halbar). Halbar sendiri sudah menjadi kampung kedua bagi saya, karena di sana banyak sekali teman yang saya kenal serta suasana alamnya yang membuat saya betah.

Pukul 08.00 WIT, saya tiba di Bandara Sultan Babulah Ternate, dari sana saya menyewa mobil menuju Pelabuhan Dufa-Dufa. Setibanya di Dufa-Dufa, speed mengantarkan saya menuju Pelabuhan Jailolo. Di sana saya sudah ditunggu oleh teman saya. Dan beliau pula yang mengantarkan saya menuju hotel D’Hoek.

Singkat cerita, seminggu sudah saya berada di Halbar. Selain menikmati pertunjukan  FTJ,  berbagai pengalaman yang sangat menarik juga saya temukan di sana, seperti bertemu dengan Plt. Kepala Dinas Pariwisata Halmahera Barat Demianus Sidete.

Kepada saya, Demianus mengatakan FTJ tetap menampilkan tradisi Sasadu on The Sea, Pagelaran Seni Budaya Moloku Kie Raha, Upacara Adat Sigofi Ngolo, Wisata Petualangan, Lomba Fotografi UnderwaterDiving, Lomba Sapu Laut, Fun Drive, Lomba Tarian Tradisional, Pesta Permainan Tradisional Anak, dan lain sebagainya.

Demianus juga mengatakan selain disuguhkan dengan festival, para wisatawan juga bisa berkeliling ke Desa Wisata Halbar, seperti Desa Wisata Guaeria yang bertatapan langsung dengan Teluk Jailolo, ataupun singgah di Desa Bobanehena yang mengajarkan masyarakat belajar tentang kehidupan petani cengkeh.

Tidak kalah menarik, wisatawan juga diajak untuk mencoba menyusuri hutan mangrove yang terletak di Desa Wisata Gamtala. “ Di sini, Anda diajak menikmati petualangan menyusuri mangrove sambil menyasikan langsung kehidupan masyarakat di sekitar aliran sungai, seperti proses pengolahan sagu, kemudian mencari kerang dan melihat acara-acara adat setempat,” tutur Demianus.

Di FTJ, saya juga melihat Bupati Danny Missy dan Wakil Bupati A Zakir Mando tengah  berbaur dengan masyarakat membakar ikan. Tentu saja ini menarik perhatian saya dan juga rekan-rekan wartawan lainnya, karena jarang sekali Bupati turun langsung ke lapangan dan langsung berbaur bersama masyarakatnya.

Pengalaman menarik inilah yang saya tuangkan ke dalam tulisan ini. Semoga di tahun depan, saya bisa berkunjung lagi ke sana.(HS/Nes.Foto:Nes)

 

 

 

Related posts

Leave a Comment