Progres Pengelolaan BUMD Kutai Timur

Jakarta,Gpriority-Terpilih sebagai finalis dalam ajang TOP BUMD Award 2018, Bupati Kutai Timur Ismunandar mengatakan bahwa saat ini Kabupaten Kutai Timur tengah gencar melakukan perbaikan pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). “Hari ini kita juga masih baru pada tahap improvement. Tapi ini kita bisa agar dapat membenahi,” ungkapnya saat ditemui di acara TOP BUMD Award 2018 di Balai Kartini Jakarta, Kamis (3/5).

Saat ini, baru dua BUMD yang aktif berjalan di Kabupaten Kutai Timur, salah satunya adalah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kutai Timur. Penambahan serta peningkatan terkait BUMD di Kutim sendiri sedang dibenahi sehingga tidak akan ada lagi polemik pengelolaan yang keliru. “Kita baru tahap di PDAM. Karena BUMD yang pernah kita miliki kan lagi kita benahi. Dulu kita pernah punya BUMD yang formatnya cukup. Tapi karena pengelolaan yang salah, jadi bermasalah,” jelasnya.

Dalam acara tersebut, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang menjelaskan bahwa untuk mencapai adanya BUMD yang terkelola dengan baik dan dapat menjadi penunjang perekonomian daerah, diperlukan adanya filosofi 5S. Filosofi tersebut antara lain adalah strategi, struktur, skill, sistem, dan speed for target. Menanggapi hal tersebut, Ismunandar menyatakan dirinya beserta jajaran pemerintah daerah Kabupaten Kutai Timur masih mencari format pengelolaan yang lebih baik dan bagus.

Untuk itu, Ismunandar pun mempunyai rencana jangka pendek berupa pembenahan dari segi manajemen, kepengurusan, hingga masalah permodalan. “Yang jelas (rencana) jangka pendek saya adalah nanti perusda kami yang akan kami benahi semua manajemennya, kepengurusannya, sampai permodalannya,” ungkapnya. Ia juga berharap agar rencana tersebut dapat terwujud dan rampung di tahun ini. “Tahun ini harus selesai. Paling tidak, pertengahan tahun itu saya targetkan sudah benahi semua. Banyak yang masih harus kita benahi,” pungkas Ismunandar.(RA)

Related posts

Leave a Comment