Promosikan Budaya Tidore di Festival Tidore 2017

Guna memperingati hari jadinya,serta sebagai upaya menggali, dan melestarikan warisan sejarah budaya Kesultanan Tidore sekaligus memperkenalkan dan mempromosikan Tidore dengan seni, alam dan budaya kesultanan. Pemerintah Kota (Pemkot) Tidore menggelar Festival Tidore 2017.

Sama seperti tahun sebelumnya, acara yang akan digelar pada 10-11 April 2017 akan menggelar atraksi budaya yang unik dan cukup memikat seperti; Parade Juanga (keliling pulau dengan kapal formasi perang oleh sultan dan tentaranya), Perjalanan Paji (keliling pulau di darat dengan formasi perang menceritakan revolusi Sultan Nuku), Kirab Agung Kesultanan Tidore, Pembukaan museum maritim di Kedaton Tidore dan acara lainnya.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam launching Festival Tidore 2017 di Balairung Soesilo Soedarman,Gedung Sapta Pesona Kemenpar Jakarta mengatakan dirinya mengapresiasi penyelenggaraan Festival Tidore kali ini.

Lebih lanjut dijelaskan Menpar bahwa penyelenggaraan festival budaya ini merupakan kegiatan event dalam upaya meningkatkan unsur ”atraksi” sebagai bagian penting dari tiga unsur yaitu; atraksi, amenitas, dan aksesibilitas dalam meningkatkan daya saing destinasi.

”Dengan penyelenggaraan festival budaya ini terlihat data kunjungan wisatawan asing ke Maluku Utara semakin meningkat berdasarkan data pada Januari 2017 naik 165%,” kata Arief Yahya.

Acara launching sendiri dihadiri oleh Menpar Arief Yahya, Walikota Tidore Capt. Ali Ibrahim, MH, dan Sultan Tidore Husain Syah.(HS)

Related posts

Leave a Comment