Proyek Satelit Multifungsi Hadir Untuk Mengatasi Solusi Internet

Jakarta,Gpriority-Jum’at (3/5) menjadi hari yang sangat bersejarah bagi Indonesia. Sebab di hari ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan penandatangan kerjasama dengan Badan Usaha (KPBU) terkait proyek satelit multifungsi (SMF) pemerintah.

Dijelaskan oleh Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Anang Latif, Proyek SMF merupakan proyek strategis nasional yang bertujuan mengurangi kesenjangan layanan digital,menghubungkan sekolah,puskesmas, dan kantor desa di seluruh Indonesia khususnya di daerah 3 T (Terpencil, Tertinggal dan Terluar) dengan akses internet berkecepatan tinggi.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, Ada 150 ribu titik yang akan dipasang terkait dengan dihadirkannya Satelit Republik Indonesia (SATRIA). ” Untuk itulah diperlukan 150 ribu antena yang tersebar ke seluruh Indonesia. Dengan demikian pembangunan ekonomi daerah semakin merata,”ucap Chief RA.
Darmin Nasution yang hadir dalam acara tersebut mengucapkan terima kasih kepada Rudiantara, karena kembali mengadakan proyek KPBU berupa satelit multifungsi bernama SATRIA.

“Belum lama ini kita telah memiliki palapa ring. Dengan adanya palapa ring internet bisa terjangkau di seluruh daerah. Namun dikarenakan tidak bisa terjangkau semua, makanya kominfo kembali mengadakan satelit bernama SATRIA,” ucap Darmin.

Proyek ini menjadi penting dikarenakan wujud nyata dari pemerintah untuk membenahi komunikasi dan informasi di seluruh Indonesia.

Harapan dengan adanya SATRIA,diharapkan internet bisa masuk ke seluruh desa di Indonesia, sehingga bermanfaat bagi masyarakat.(Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment