Rekonstruksi Megaprosthesis Berhasil Atasi Tumor Ganas Remaja 15 Tahun

Jakarta,Gpriority-Pada rabu (18/7), RSUP Persahabatan berhasil melakukan operasi rekonstruksi megaprosthesis pada pasien  bernama Apriliani.  Remaja berusia 15 tahun ini menderita tumor ganas tulang pada paha sebelah kanan atau dalam kedokterannya dikenal dengan  Osteosarcoma regio femur dextra.

Dijelaskan oleh dr. Sigit Daru Cahayadi, Sp.OT dalam jumpa pers yang berlangsung di Ruang Tumbuh Kembang Lt.2 Griya Puspa RSUP Persahabatan pada jum’at (20/7), operasi ini baru terjadi pertama kalinya di Indonesia.

“ Untuk melakukan operasi ini kami membutuhkan tim yang sangat besar, kebetulan kami mendapat bantuan dari beberapa dokter spesialis ortopedia dari media center pendidikan di Indonesia,” ujar Sigit Daru.

Dijelaskan oleh Sigit, Terdapat beberapa proses pemeriksaan sampai dengan operasi dilaksanakan, yang pertamaadalah anamnese. Anamnese merupakan pemeriksaan klinis yang dilakukan di laboratorium, x ray, mri dan terakhir di ordiopsi untuk menentukan jenis tumornya.

Setelah pemeriksaan, dokter akan menentukan tindakana yang akan dilakukan selanjutnya yakni dengan melakukan kemoterapi sebanyak 6 kali.

“ Dan alhamdulillah pada Apriliani pengobatan kemoterapi ini mampu memberikan respon kepada dirinya, kemudian kita evaluasi lagi dengan MRI dan pemeriksaaan laboratorium terutama kalibosfastase dan LDH. Setelah mengetahui hasilnya maka kita putuskan untuk melakukan tindakan operasi yang disebut dengan Wide Excisi Rekonstruksi dengan total femur megaprosthesis,” kata Sigit Daru.

Operasi sendiri menurut Sigit Daru berjalan lancar. Untuk itu, dirinya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang memberikan dukungan. Mengenai kendala yang dihadapi, Sigit mengatakan, kendala yang paling rumit adalah membebaskan tumor tadi dari jaringan yang masih sehat termasuk pembuluh darahnya, syaraf dan ototnya. Dan kemudian dianjutkan dengan pemasangan protesa yang disebut dengan total femur megaprosthesis.

Pasien sendiri seperti dikatakan Sigit masih dirawat di RSUP Persahabatan hingga kondisinya menjadi lebih stabil. (Hs)  

Related posts

Leave a Comment