Rony Karlos: Ingin Bawa GUMAS Menara

“Menuju Kabupaten Gunung Mas Menara, yaitu: Terwujudnya Gumas yang Maju, Elok, Nyaman, Aman, Ramah, dan Sejahtera”

Rony Karlos, S.Sos berpasangan dengan Dr. Drs. Gaya, M.Pd.H maju sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Periode Tahun 2018-2023.

Rony – Gaya, diharapkan dapat melanjutkan pembangunan Gumas sesuai visi dan misinya yang sesuai harapan masyarakat banyak.

Bahkan sejak menjadi Wakil Bupati Gunung Mas pada 14 Januari 2015, Rony Karlos mendedikasikan diri, mengabdi dan fokus memajukan Kabupaten Gunung Mas agar bisa berdiri sejajar dengan daerah lainnya yang sudah terlebih dahulu terbentuk.

Rony Karlos selalu hadir di dalam setiap acara yang diadakan oleh Kementerian seperti acara penandatanganan nota kesepahaman  antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan pemerintah daerah tentang komitmen penempatan tim nusantara sehat angkatan kedua dan ketiga tahun 2016 di Mercure Ancol (25-28 September 2016), Rakornas percepatan pelaksanaan program pembangunan desa di Grand Sahid Hotel (2 Maret 2017), Rakornas yang diadakan Litbang Kemendagri di Palangkaraya pada 15 Maret 2017 dan kegiatan lainnya.

Beliau juga aktif berkunjung ke Kementerian untuk melakukan koordinasi terkait dengan pembangunan di Kabupaten Gunung Mas.

Bersama dengan Bupati Gunung Mas Arton S Dohong, Rony Karlos bahu membahu membangun infrastruktur baik itu jalan, jembatan, pasar, sekolah, puskesmas, dan pembangunan lainnya.

Dikatakan oleh Rony Karlos, Jum’at (26/1), bahwa pembangunan infrastruktur Gunung Mas hingga saat ini terus berjalan terutama pembangunan jalan dan jembatan. Mengenai pembangunan jalan dan jembatan, Rony mengatakan bahwa kedua infrastruktur tersebut merupakan elemen penting dalam membuka keterisolasian.

“ Dengan terbukanya jalan dan jembatan, akan membuat banyak orang berkunjung ke Kabupaten Gunung Mas,” ucap Rony Karlos.

Lebih lanjut dikatakan oleh Rony, terbukanya jalan dan jembatan juga akan menambah pendapatan daerah, karena akan mendatangkan wisatawan baik lokal maupun asing. “ Jujur saya mengatakan destinasi pariwisata Kabupaten Gunung Mas tidak kalah cantiknya dengan daerah lainnya. Jadi layak untuk dipromosikan,” ucapnya.

Rony juga mengatakan hadirnya jembatan dan jalan ini juga akan menumbuhkan perekonomian, karena para petani, dan peternak  yang terletak di desa bisa menjual hasil panennya ke pasar maupun di pusat kota.

Pendidikan juga tidak luput dari perhatian Rony Karlos. Karena ketika melakukan kunjungan ke beberapa daerah dirinya masih melihat banyak masyarakat yang belum memperoleh pendidikan selayaknya. Bahkan ada juga sekolah yang belum memiliki fasilitas seperti meja, kursi dan bangku. Padahal  menurut beliau maju tidaknya sebuah daerah ditentukan oleh pendidikan. Untuk itulah dirinya mencoba akan menggandeng perusahaan-perusahaan untuk melakukan kegiatan CSR guna membantu pendidikan.

“  Kenapa saya bilang pendidikan penting, kalau di kabupaten kita semuanya maju, namun siswa-siswinya tertinggal dalam ilmu pengetahuan, buat apa? Siapa yang akan mengganti kita-kita ini yang sudah bekerja memajukan Gunung Mas kalau tidak dilanjuti oleh generasi penerus. Dengan nyamannya mereka mengenyam pendidikan tentu mereka akan termotivasi untuk melakukan kegiatan belajar mengajar,” kata Rony Karlos.

Hal yang sama juga berlaku pada kesehatan, Rony akan menggandeng perusahaan untuk melakukan CSR tujuannya agar kesehatan di Gunung Mas semakin meningkat. Rony juga mengatakan Pemda Gunung Mas juga menyekolahkan dokter-dokter untuk mengambil spesialis, sehingga setelah lulus mereka kembali dan mengabdikan diri.

“ Dengan demikian Kabupaten Gunung Mas tidak akan kekurangan tenaga medis spesialis,” tuturnya.

Rony dikenal juga sebagai pejabat daerah yang turun langsung menemui warganya. Ia juga tidak segan-segan turun langsung ke lapangan ketika daerahnya tertimpa musibah, seperti ketika terjadi musibah banjir yang menggenangi Desa Tumbang Lampahung. Bersama staf dan juga istrinya, ia mengunjungi wilayah tersebut meskipun harus menerjang banjir.

Rony Karlos mengatakan bahwa salah satu penyebab banjir adalah pendangkalan sungai akibat maraknya kegiatan penambangan emas yang dilakukan oleh masyarakat. Untuk itulah dirinya kembali mengingatkan masyarakat agar  mengurangi aktivitas atau kegiatan penambangan emas yang merusak lingkungan.

” Warga sendiri pada saat ini sudah direlokasi oleh pemda ke daerah yang tidak terkena banjir,” ujar Rony Karlos.

Perhatiannya yang begitu besar kepada Gunung Mas dan masyarakatnya, membuat teman-teman media, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama serta masyarakat mengusulkan nama Rony Karlos kepada panitia Indonesian Leadership Goverment Award sebagai nominator. Dan setelah melalui seleksi yang ketat, nama Rony Karlos terpilih sebagai salah satu pemenangnya.

 Rony mengaku kaget mendengar namanya masuk ke dalam nominasi Indonesian Leadership Goverment Award. Ia pun bertanya kepada panitia dan mengatakan bahwa namanya diajukan oleh masyarakat dan media massa. Untuk itulah ia mengucapkan terima kasih kepada tokoh masyarakat, masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan media massa atas dukungan mereka selama ini sehingga mampu memperoleh penghargaan ini.

Bakat kepemimpinan sejak kecil

Rony Karlos dilahirkan di Kota Banjarmasin 21 Maret 1976. Sebagai anak militer Rony mengaku masa kecilnya tidak tersentuh dengan semua hal yang berbau militer. Ini dikarenaan ayahnya selalu mengajarkan Rony untuk hidup layaknya anak-anak di masyarakat biasa, Rony pun dibebaskan untuk berteman dengan siapa saja.

Sejak masih menginjak bangku taman kanak-kanak, Rony merasa memiliki bakat kepemimpinan untuk itulah ia selalu ingin tampil di depan dan mengatur teman-temannya.

Selain memiliki bakat sebagai seorang pemimpin, Rony Karlos dikenal sebagai anak yang senang menyanyi,untuk itulah setiap kali ada pertunjukkan di sekolahnya, ia kerap tampil untuk menghibur tamu yang datang.

Rony juga dikenal sebagai anak yang cerdas, sejak TK hingga SMA ia selalu masuk ke dalam 10 besar.

Selepas SMA, Rony pun langsung bekerja, namun atas desakan orang tuanya Rony pun melanjutkan kuliahnya. Selepas kuliah, Rony tidak memilah milih pekerjaan, semua pekerjaan yang ia dapatkan seperti sales ban mobil, sales mobil, kemudian di perbankan. Di perbankan inilah Rony mengatakan bahwa di situlah tempatnya pensiun. Namun Tuhan berkata lain, setelah pindah ke Kuala Kurun, dirinya diterima sebagai pegawai negeri sipil di Pemda Gunung Mas. Prestasinya yang cukup gemilang membuat dirinya terpilih sebagai Wakil Bupati Gunung Mas mendampingi Arton S Dohon. (adv/Hs.foto:dok pribadi)

 

DATA PRIBADI

 

NAMA LENGKAP RONY KARLOS, S.Sos
TEMPAT TANGGAL LAHIR BANJARMASIN, 21 MARET 1976
JENIS KELAMIN LAKI – LAKI
AGAMA KRISTEN PROTESTAN
STATUS PERKAWINAN MENIKAH
ALAMAT KANTOR JL. PANGERAN DIPONEGORO NO.02

KUALA KURUN

ALAMAT RUMAH JL. PANGERAN DIPONEGORO KUALA KURUN

KALIMANTAN TENGAH

 

RIWAYAT PEKERJAAN
NO. JABATAN / PEKERJAAN TAHUN
1. Bank Rakyat Indonesia 2002 s/d 2010
2. PNS Kabupaten Gunung Mas 2010 – 2014
3. Wakil Bupati Gunung Mas 2015 – 2019
     

 

RIWAYAT PENDIDIKAN

[

NO. JENJANG DAN JURUSAN PENDIDIKAN NAMA SEKOLAH/AKADEMI /PERGURUAN TINGGI TAHUN LULUS
1. Sekolah Dasar SD Kasuari Banjarmasin 1988
2. Sekolah Menengah Pertama SMP Negeri – 6 Banjarmasin 1991
3. Sekolah Menegah Atas SMA Negeri – 3 Banjarmasin 1994
4. Strata 1 (satu) Sospol Universitas Lambung Mangkurat 2000
       

Related posts

Leave a Comment