Sail Moyo Tambora 2018 dihadiri 3 Menteri

Lombok,Gpriority-Sail Moyo Tambora 2018 yang berlangsung di Pelabuhan Badas,Sumbawa menjadi momentum penting dalam pemulihan NTB pasca gempa Lombok dengan menggaungkan #NTBBangkit.

Pada Opening Ceremony yang berlangsung minggu (9/9),  tiga Menteri Kabinet Kerja yaitu Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hadir.

“Momentum Sail Moyo Tambora 2018 memiliki arti penting bagi kita semua. Khususnya, bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB). Saya apresiasi acara ini yang diisi dengan bakti sosial untuk meringankan beban saudara-saudara kita. Sail Indonesia ini awalnya dilakukan untuk mempercepat pembangunan daerah-daerah tertinggal, tetapi seiring perkembangannya penyelenggaraanya lebih ditekankan pada pengembangan destinasi pariwisata,” kata Luhut Binsar Pandjaitan mewakili Presiden Joko Widodo pada pembukaan Sail Moyo Tambora 2018, Sumbawa, NTB, Minggu (9/9).

Di hadapan sejumlah peserta Yacht Rally Internasional dari berbagai negara, Menkomar Luhut mengatakan dalam sambutannya bahwa pemerintah berkomitmen menggenjot pariwisata Indonesia bahkan menargetkan kunjungan 20 juta wisman masuk Indonesia. Menkomar Luhut juga menekankan bahwa perekonomian Indonesia tidak goyah meski nilai dollar AS sedang menguat.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, infrastruktur terus dibangun untuk kelancaran aktivitas perekonomian dan pariwisata di Sumbawa. Pembangunan di antaranya meliputi Terminal Bandara Sultan Mahmud Kaharuddin III dan Jembatan Samota yang menjadi pintu gerbang wisata Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora.

“Sail Moyo Tambora 2018 ini merupakan event tahunan Sail Indonesia yang bertujuan mempercepat pembangunan dan mempromosikan potensi wisata maritim di Indonesia” ujar Menhub Budi.

Gubernur NTB TGB Muhammad Zainul Majdi yang juga memberikan sambutan dalam acara ini berharap event ini menjadi awal pembangunan pariwisata di Kabupaten Sumbawa, khususnya pada #NTBBangkit.

“Diharapkan Opening Ceremony Sail Moyo Tambora menjadi awal memulainya pembangunan pariwisata di Kabupaten Sumbawa. Kawasan SAMOTA, antara lain Teluk Saleh Moyo dan Tambora dapat menjadi masa depan Pariwsata NTB.” kata Gubernur TGB.

Upacara pembukaan diwarnai dengan pertunjukan tarian tradisional dari Sumbawa dan Bima, parade 1000 perahu tradisional dan Internasional Yacht Rally dari berbagai negara yang melewati perairan Indonesia. Rangkaian Sail Moyo Tambora 2018 telah berlangsung sejak 25 Agustus dan akan berakhir pada 23 September nanti. Selama pelaksanaan, akan diisi juga dengan berbagai kegiatan untuk mendatangkan wisman, seperti Tambora Volcano Tour, atraksi seni budaya tiga etnis NTB (Sasak, Samawa dan Mbojo), Barapan Kebo dan Main Jaran, Festival Tenun, dan lain-lain. (hs)

Related posts

Leave a Comment